Pemkab Sumbawa Dorong Pembentukan Lembaga Kepariwisataan

id PARIWISATA SUMBAWA

Nantinya lembaga ini akan bermitra dengan pemerintah daerah dalam pengembangan pariwisata, baik dari sisi destinasi maupun atraksi budaya
Sumbawa Besar (Antara NTB) - Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendorong terbentuknya lembaga kepariwisataan guna mempercepat pembangunan dan pengembangan bidang pariwisata di daerah itu.

"Nantinya lembaga ini akan bermitra dengan pemerintah daerah dalam pengembangan pariwisata, baik dari sisi destinasi maupun atraksi budaya," kata Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Ir H Junaidi di Sumbawa Besar, Selasa.

Ia menuturkan, jika seluruh lembaga kepariwisataan itu sudah terbentuk, maka dinasnya memiliki perpanjangan tangan dalam hal promosi dan mengeksplore seluruh potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Beberapa lembaga tersebut antara lain Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD), Gabungan Industri Pariwisata (GIP), Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).

"Sekarang kami sedang memproses dan mengusulkan pembentukan Asita, PHRI, dan lembaga pariwisata lainnya. Setelah ini selesai baru akan disusun formatur BPPD. Karena dalam keanggotaan BPPD harus ada keterwakilan dari tiga lembaga pariwisata tersebut," jelasnya.

Menurutnya, kelembagaan pariwisata itu nantinya akan menjadi mitra pemerintah daerah untuk melakukan promosi dan pembenahan pariwisata. Karena selama ini cenderung pemda yang mempromosikan pariwisata.

"Nantinya kalau kelembagaan tersebut terbentuk, maka program kepariwisataan di Kabupaten Sumbawa akan berjalan seiring dengan BPPD," jelasnya.

Terkait pembentukan kelembagan ini, tambah Junaidi, pihaknya hanya sebatas memfasilitasi, sedang pengesahannya akan dilaksanakan oleh organisasi setingkat di atasnya.

"Bukan ranah kita untuk mengesahkan tetapi oleh kelembagaan di tingkat provinsi," katanya. (*)