Pembalap Verstappen menangi balapan penuh aksi di Grand Prix Spanyol

id Max verstappen,gp spanyol,gp spanyol 2024,f1 2024,f1

Pembalap Verstappen menangi balapan penuh aksi di Grand Prix Spanyol

Pembalap Red Bull Racing asal Belanda Max Verstappen tiba di pit Sirkuit de Monaco sebelum sesi latihan kedua Grand Prix Formula Satu Monaco pada Jumat (24/5/2024), dua hari jelang balapan. ANTARA/AFP/Andrej Isakovic

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Red Bull Max Verstappen memenangkan Grand Prix Spanyol yang penuh aksi dramatis di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Minggu. Sang juara tiga kali menang tipis atas polesitter Lando Norris (McLaren) dengan margin waktu 2,219 detik saja.

Sementara, podium terakhir ditempati oleh Lewis Hamilton (Mercedes) yang terpaut cukup jauh yakni 17,790 detik dari sang pemimpin balapan. Ini merupakan podium pertama bagi Hamilton pada musim ini.

Sementara bagi Verstappen, ini merupakan kemenangan ketujuh baginya dari 10 grand prix yang telah bergulir pada tahun 2024. Sebelumnya, ia menang di GP Bahrain, Arab Saudi, Jepang, China, Imola, dan Kanada. Selain itu, pencapaian Verstappen di Barcelona ini turut menandai kemenangan ke-61 sepanjang kariernya.

Mengenai jalannya balapan dengan total 66 lap di Spanyol hari ini, Verstappen dengan sigap langsung merebut posisi terdepan dari Norris pada lap ketiga. Ia mampu mempertahankan keunggulannya tersebut bahkan hingga lap ketujuh, dimana Norris sementara bersusah-payah keluar dari urutan ketiga, di belakang Verstappen dan George Russell (Mercedes).

Perebutan posisi terdepan berlangsung dengan sengit, terutama saat Norris memutuskan untuk kembali ke pit dan bangkit lebih kuat. Benar saja, Norris yang bahkan sempat berada di P5, memberikan perlawanan alot untuk menyalip para pembalap di depannya. Pada lap ke-45, pembalap Inggris itu mampu mempersempit jarak dengan Verstappen yakni 4,4 detik saja.

Baca juga: Pembalap Hamilton: Ini adalah akhir pekan terbaik
Baca juga: Pembalap Lando Norris merasa bisa memenangkan GP Spanyol

Jelang lap-lap akhir, pertarungan juga terjadi di antara dua pembalap Mercedes yang berusaha untuk memperebutkan satu tempat di podium terakhir. Russell, yang sebelumnya tampil solid di sepanjang balapan, harus menyerah dari rekan satu timnya setelah Hamilton mengamankan P3.

Di sisi lain, putaran ke-11 dari Formula 1 musim 2024 akan kembali berlanjut pekan depan pada 28-30 Juni melalui Grand Prix Austria, yang akan bergulir di Sirkuit Red Bull Ring.