Dekranasda NTB promosikan MotoGP dan wisata halal

id NTB,Dekranasda NTB,Wisata Halal NTB,MotoGP,MotoGP Mandalika,Sirkuit Mandalika

Dekranasda NTB promosikan MotoGP dan wisata halal

Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj Lale Prayatni pada kegiatan Halal Expo di KBRI Brunei Darussalam. (ANTARA/Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Hj Lale Prayatni mempromosikan potensi pariwisata halal dan MotoGP 2024 di Brunai Darussalam.

"Alhamdulillah NTB beberapa kali mendapat penghargaan wisata halal terbaik di dunia," kata Lale pada kegiatan Halal Expo di KBRI Brunei Darussalam melalui keterangan diterima di Kota Mataram, NTB, Jumat.

Ia mengatakan wisata halal di NTB dimulai tahun 2015 di mana 'halal tourism' di NTB menjamin ketersediaan makanan halal, ketersediaan tempat ibadah, dan penginapan yang mengusung wisata ramah Muslim.

Alhasil, dari konsep itu, kata dia, Provinsi NTB mendapatkan beberapa penghargaan atas dedikasi-nya menyelenggarakan wisata halal. Penghargaan yang telah diraih tersebut di antaranya, penghargaan di ajang World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016 Lombok khususnya NTB berhasil meraih gelar juara.

Desa Sembalun terpilih sebagai destinasi bulan madu halal terbaik (Worlds Best Halal Honeymoon Destination) 2016. Selanjutnya, Hotel Novotel Lombok Resort & Villas sebagai resor halal tepi pantai terbaik (Worlds Best Halal Beach Resort) dan situs www.wonderfullomboksumbawa.com sebagai situs pariwisata halal terbaik dunia (Worlds Best Halal Travel Website).

Selain itu, NTB juga berhasil meraih peringkat pertama destinasi pariwisata ramah Muslim dalam ajang Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) Award 2023.

Selain wisata halal, ia juga mempromosikan berbagai kegiatan internasional yang ada di NTB, di antaranya MotoGP yang rencananya diselenggarakan pada 27-29 September 2024 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

Oleh karena itu, ia berharap ajang tersebut dapat menghadirkan wisatawan asal Brunai Darussalam untuk menonton di Sirkuit Mandalika. Di samping itu, dirinya mengatakan NTB juga memiliki Pulau Sumbawa dengan berbagai potensi yang dimilikinya.

Baca juga: Fadli Zon memuji promosi wisata halal NTB di Brunai Darussalam
Baca juga: Indonesia perlu masifkan promosi agar jadi pusat wisata halal


"Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa memiliki pantai, bukit, hingga gunung yang menawan dengan keindahan pesona panorama," katanya.

Delegasi Pemprov NTB itu, dijadwalkan mengikuti berbagai kegiatan ekspo yang dipusatkan di KBRI Brunei Darussalam bersama dengan beberapa utusan delegasi dari provinsi lainnya di Indonesia.