PDIP berikan kader maju di Pilkada Lombok Tengah-NTB

id Pilkada 2024,PDIP ,DPD PDIP NTB,Pilkada Kabupaten Lombok Tengah,NTB

PDIP berikan kader maju di Pilkada Lombok Tengah-NTB

Ketua DPD PDIP NTB Rachmat Hidayat mewakili DPP menyerahkan surat tugas pada bakal calon Bupati Lombok Tengah, Ruslan Turmudzi di Kantor DPD PDIP NTB. ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memberikan surat mandat kepada kader-nya Ruslan Turmudzi untuk maju sebagai bakal calon bupati di Pilkada Kabupaten Lombok Tengah.

Sekretaris DPD PDIP NTB Hakam Ali Niazi mengatakan pemberian surat mandat kepada Ruslan Turmudzi bersamaan dengan sejumlah bakal calon kepala daerah lain di NTB.

"PDIP serahkan 4 surat tugas dan 2 surat rekomendasi untuk bakal calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2024," ujarnya di Mataram, Minggu.

Ada sejumlah kader dan non-kader yang diberikan surat mandat oleh DPP PDIP yang diserahkan Ketua DPD PDIP NTB Rachmat Hidayat mewakili DPP pada Pilkada Serentak 2024 di Kantor DPD PDIP setempat.

Mereka yakni, Mohan Roliskana untuk bakal calon Wali Kota Mataram, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Amar Nurmansyah-Hanipah W Musyafirin.

Selanjutnya, Muhammad Putra Feriyandi untuk bakal calon Bupati Bima, Ruslan Turmudzi untuk bakal calon bupati Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), bakal calon bupati dan calon wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto dan Zaky Abdillah.

Termasuk Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Arpusda) Kabupaten Sumbawa Sahril untuk menjadi bakal calon Bupati Sumbawa.

"Jadi, ada total enam surat tugas yang diberikan DPP pada calon kepala daerah di NTB. Di mana, dua paslon di kabupaten di NTB yang telah menerima surat rekomendasi yakni, untuk Sumbawa Barat dan Lombok Utara," terangnya.

Hakam menyebut surat tugas itu menjadi tahapan awal di internal partai sebelum mengeluarkan rekomendasi bakal pasangan calon dari DPP PDIP.

Di mana pemberian surat tugas adalah bentuk kepercayaan partai pada calon kepala daerah di satu wilayah.

"Surat tugas ini diberikan hanya untuk satu calon kepala daerah di setiap wilayah. Kecuali sudah berpasangan maka DPP bisanya langsung memberikan surat rekomendasi," tuturnya.

Hakam mengatakan bahwa dari enam surat tugas itu, terdapat satu kader-nya yakni Ruslan Turmudzi yang juga diberikan surat tugas untuk maju di Pilkada Lombok Tengah.

Ruslan saat ini menjabat Wakil Ketua DPD PDIP NTB dan juga merupakan pendatang baru di Pilkada.

Hakam menjelaskan para bakal calon yang telah menerima surat tugas dari DPP itu selanjutnya diminta untuk terus melakukan konsolidasi internal. Tujuannya, memastikan konsolidasi dan mesin partai jelang Pilkada serentak.

Hakam menambahkan, para penerima surat tugas itu diminta untuk membangun komunikasi politik dengan lintas parpol. Hal ini dimaksudkan agar meluaskan dukungan pencalonan.

"Kemudian mereka juga diminta untuk melaksanakan kerja kerakyatan di lapangan," ujarnya.

Baca juga: Memahami Eksistensi Pilkada Serentak 2024
Baca juga: Politisi Ridwan Kamil: Jangan ukur takdir dengan survei


Sementara itu, bakal calon Bupati Lombok Tengah Ruslan Turmudzi mengaku bersyukur bahwa dirinya telah memperoleh surat tugas dari DPP partai yang diserahkan oleh Ketua DPD PDIP NTB.

"Insya-Allah, kepercayaan ini akan saya jadikan bahan untuk saya berjuang untuk merebut parpol koalisi termasuk pasangan calon wakil bupati," imbuhnya.