Lombok Utara bangun Stasiun geo magnetik

id geo magnetik,lombok utara ,nahmul akhyar,nurul bayan

Lombok Utara bangun Stasiun geo magnetik

Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH berfoto bersama pada peresmian pembangunan geo magnetik di Ponpes Nurul Bayan Dusun Telage Bagek. Desa Anyar, Kecamatan Bayan. Foto Rsd/Humas dsan Protokol Setda KLU.

.....pembangunan stasiun geo magnatik itu untuk pengamatan global permukaan bumi ini, karena medan magnet selalu berubah-rubah.....
Mataram (Antaranews NTB) - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat bekerja sama dengan berbagai kalangan membangun stasiun geo magnetik yang dipusatkan di Pesantren Nurul Bayan, Dusun Telage Bagek Desa Anyar Kecamatan Bayan.

Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Utara melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Selasa, menyebutkan pembangunan stasiun geo magnatik itu untuk pengamatan global permukaan bumi ini, karena  medan magnet selalu berubah-rubah.

 
Pembangunan pusat stasiun geo magnetik ini diresmikan oleh Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar SH MH didampingi Kepala BPBD Kabupaten Lombok Utara Iwan Maret Asmara SSos, Prof Webber, Dr Teti Zaudah, Pimpinan Ponpes Nurul Bayan TGH Abdul Karim Gafur, Perwakilan OPD dan Unsur Muspika Bayan

Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH menjelaskan bahwa 10 tahun silam, tempat yang paling panas cuacanya di daerahnya adalah di Ponpes Nurul Bayan, namun berkat berkat kerja sama pimpinan ponpes untuk melakukan penghijauan tempat ini sudah sejuk dan rindang.
Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH meresmikan pembangunan geo magnetik di Ponpes Nurul Bayan, Dusun Telage Bagek Desa Anyar, Kecamatan Bayan diutandai dengan pengguntingan pita. Foto Rsd/Humas dan Protokol Setda KLU.
Bupati menambahkan, seperti disampaikan Prof Webber, diantaranya informasi dini terjadi gempa di Lombok, 7 hari sebelumnya sudah dapat diketahui oleh stasiun geo magnetik yang akan kita bangun ini.

"Mewakili Pemda KLU, saya berterima kasih karena stasiun geo magnetik dibangun di tempat ini sehingga Pemda KLU mendapat bantuan deteksi pergeseran tanah. Insha Allah ke depan kita membangun deteksi dini terhadap tsunami di Kecamatan Pemenang," ujar bupati diakhir sambutannya.

Sementara itu Prof Webber yang mewakili akademisi yang memfasilitasi sarana prasarana dan keilmuan mengenai stasiun geo magnetik, menyatakan sudah sejak lama melakukan pengamatan dan observasi cuaca panas atau dinginnya daerah ini.

"Saya membayangkan jika tidak ada medan magnetika, tentu tidak ada GPS, telepon, mungkin tidak ada terjemahan kata dan informasi, apabila tidak ada antisipasi planet bumi bisa lebih panas," katanya.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Mataram Akmaludin PhD, adanya kontrak kerja dengan Kementerian Ristek dapat mendirikan pusat unggulan Iptek pertama yaitu Pusat Studi Humaniora terkait geo magnetika.

engelola Observatorium Geo Magnetik Lombok Dr Teti Zuadah menjelaskan pembangunan stasiun geo magnetik ini sangat penting pengamatannya secara global di permukaan bumi karena medan magnetik selalu berubah-ubah.

"Kita bisa memanfaatkan data untuk ekplorasi sumber daya alam. Mudah-mudahan di Lombok dan Sumbawa mengandung cadangan migas yang belum terekplorasi," kata  Teti.(*)