Cerita istri korban PMI asal Lombok Timur yang tewas tertembak di Malaysia

id PMI,Lombok Timur ,NTB,PMI ditembak,cerita istri korban

Cerita istri korban PMI asal Lombok Timur yang tewas tertembak di Malaysia

Baiq Pademi Istri dari korban Gafur PMI yang meninggal ditembak di Negara Malaysia (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Jenazah suami saya bisa dipulangkan agar bisa dimakamkan di kampung halaman

Mataram (ANTARA) - Orang tua maupun istri serta keluarga korban Gafur seorang pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Lombok Timur, NTB yang meninggal dunia setelah tewas tertembak di ladang sawit di negara Malaysia, merasa sedih dan kehilangan.

"Jenazah suami saya bisa dipulangkan agar bisa dimakamkan di kampung halaman," kata Baiq Pademi yang merupakan Istri korban di Lombok Timur, Sabtu.

Sebelum mendapatkan kabar atas meninggalnya korban, dirinya tetap melakukan komunikasi dengan suaminya menggunakan hp dan video call untuk mempertanyakan kabar dua anaknya maupun dirinya serta keluarganya di Lombok.

"Tiap malam tetap komunikasi melalui sambungan telpon," katanya.

Baca juga: KJRI Kuching memonitor kasus pekerja migran asal Lombok Timur ditembak di Miri

Bahkan pada malam itu dirinya melakukan video call, namun tiba-tiba panggilan berakhir, karena ada peristiwa di tempat korban tinggal.

Dirinya kemudian mencoba menghubungi korban, namun telepon tidak diangkat pada malam itu. Setelah itu pada pagi hari ia mendapatkan kabar bawah suami meninggal dunia, setelah mengalami luka akibat tembakan.

"Meninggal ditembak informasi dari teman kerjanya, kami berharap pelaku supaya bisa ditangkap dan diberikan hukuman mati," katanya.

Ia mengatakan suaminya sempat bercerita bahwa di tempat tinggal tersebut sering terjadi pencurian, sehingga barang-barang berharga banyak yang hilang.

Suaminya sudah dua kali ini pergi bekerja ke Malaysia untuk mencari rezeki dan yang kedua ini dia berangkat pada 2023 atau sekitar 10 bulan bekerja di Malaysia.

"Sering ada barang yang hilang di tempat tinggal di Malaysia" katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Timur upayakan pemulangan jenazah PMI meninggal di Malaysia

Ia telah menikah dengan Gafur hampir 10 tahun sejak 2016 dan mendapatkan dua orang anak perempuan yang berusia 5 tahun dan 1 tahun.

"Setiap bulan saya tetap dikirimkan uang buat belanja bersama anak dan keluarga," katanya.

Sebelumnya Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching terus memonitor penanganan kasus seorang Pekerja Migran Indonesia asal Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), bernama Gafur yang meninggal dunia ditembak di kebun sawit Simpang Ngu, Niah, Miri, Sarawak, Malaysia.

Konsul Jenderal Republik Indonesia Kuching R Sigit Witjaksono dalam pesan singkatnya saat dihubungi dari Kuala Lumpur mengatakan jenazah baru diautopsi oleh aparat kepolisian setempat pada Kamis (1/8).

Baca juga: Pemprov NTB atensi penembakan PMI asal Lotim di Malaysia

Ia juga mengatakan staf teknis Polri dan tim perlindungan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching masih terus memonitor lebih lanjut penanganan kasus tersebut.

Kepala Polisi Daerah (KPD) Miri Alexson Naga Chabu dalam sebuah pernyataan media membenarkan telah menerima satu laporan dari seorang warga asing pada Senin (29/7) sekitar pukul 20.00 waktu setempat (pukul 19.00 WIB) berkaitan kasus penemuan mayat laki-laki di kawasan perkebunan sawit swasta, Sepupok, Niah, Miri, Sarawak.

Laporan Utusan Borneo, berdasarkan keterangan KPD Miri, menyebutkan warga asing itu meninggal dengan luka tembak pada anggota badan di kawasan kebun sawit swasta. Korban berusia 40 tahun meninggal dengan luka tembak pada dahi, mata, leher dan perut.