Lombok Barat berbenah jelang munas sekda se-Indonesia

id Munas Forsesdasi ,Lombok Barat Berbenah

Lombok Barat berbenah jelang munas sekda se-Indonesia

Aparatur Sipil Negara Pemkab Lombok Barat membersihkan sampah dan potong rumput di sepanjang pinggir jalan raya kawasan wisata Senggigi. (Foto Antaranews NTB/ist)

Ini momen langka sehingga akan membawa nama baik daerah. Sebagai tuan rumah, kami harus bisa membuat suasana yang asri, bersih sehingga membawa kesan baik
Lombok Bara (Antaranews NTB) - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, terus berbenah dan bergotong royong menjelang Rapat Koordinasi Nasional dan Musyawarah Nasional Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) yang akan berlangsung di kawasan wisata Senggigi pada 25-27 April 2018.

"Ini momen langka sehingga akan membawa nama baik daerah. Sebagai tuan rumah, kami harus bisa membuat suasana yang asri, bersih sehingga membawa kesan baik," kata Sekretaris Daerah Lombok Barat H Mohammad Taufiq, di Gerung, Selasa.

Gotong royong membersihkan sampah dan penataan dilakukan di sepanjang jalan kawasan wisata pantai Senggigi.

Sejak pukul 08.00 WITA, seluruh organisasi perangkat daerah Pemkab Lombok Barat dikerahkan untuk membersihkan jalan sesuai dengan titik lokasi yang sudah ditentukan. Mulai dari jembatan Meninting sampai Hotel Santosa yang menjadi pusat acara.

Kegiatan Rakornas VI dan Munas III Forsesdasi yang mengusung tema "Mendorong berkembangnya birokrasi yang inovatif" akan dihadiri lebih dari 1.000 peserta.

Para peserta terdiri atas sekda dari 34 provinsi dan sebanyak 504 sekda dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Ada juga kepala biro organisasi, kepala biro pemerintahan dan kepala organisasi perangkat daerah yang terkait dengan pemerintahan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Dari unsur pemerintah pusat, akan hadir pejabat dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Momen ini tentu akan memberikan manfaat besar bagi pariwisata Kabupaten Lombok Barat. Untuk itu, kami ingin sukses sebagai tuan rumah agar citra positif tersebut akan dipromosikan oleh para sekda di daerahnya masing-masing," ujar Taufik.

Sekretaris Panitia Rakornas dan Munas Forsesdasi 2018, Yusron, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk bersama-sama mendukung suksesnya NTB sebagai tuan rumah pertemuan akbar tersebut.

Pemerintah Provinsi NTB juga berharap agar pemerintah kabupaten/kota ikut berbenah, sehingga memberikan kesan rapi, indah dan nyaman bagi ribuan orang peserta dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Sebab, lanjut Yusron, dipastikan seluruh peserta rakornas dan munas akan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata, terutama di Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, dan Lombok Utara.

"Nanti ada agenda perjalanan wisata. Rencananya ada yang akan diarahkan ke Kawasan Khusus Mandalika, Taman Narmada, Gili Trawangan, dan sentra kerajinan mutiara di Sekarbela, Kota Mataram," ujar Yusron yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Organisasi Setda NTB. (*)