Puluhan Wisatawan Bersihkan Pantai Gili Trawangan

id Gili Trawangan,Lombok,NTB,Pariwisata NTB

Puluhan Wisatawan Bersihkan Pantai Gili Trawangan

Para wisatawan saat membersihkan sampah di pantai Gili Trawangan.

Kebersihan pantai adalah tanggung jawab kita bersama, karena kalau pantai bersih pasti kita akan merasa nyaman berlibur di sini (Gili Trawangan, red)
Lombok Utara (Antaranews NTB) - Puluhan wisatawan asing melakukan aksi simpatik menggelar kegiatan bersih-bersih di bibir pantai Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Koordinator kegiatan bersih pantai, Sian Williams di Gili Trawangan, Jumat, mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk menciptakan kawasan Gili Trawangan yang bersih dan bebas dari polusi sampah.

"Kegiatan bersih-bersih pantai di Gili dilakukan setiap hari Jumat untuk memunguti sampah plastik, puntung rokok, sampah botol," kata Sian.

Menurut dia, kegiatan "clean up beach" di Gili Trawangan di ikuti 62 wisatawan asing.

"Memang kegiatan ini sudah dilakukan secara rutin para penyelam yang ada di Gili Trawangan," ujar dia.

Ia pun berharap kegiatan ini bisa menyadarkan para wisatawan asing maupun wisatawan lokal yang berkunjung ke Gili Trawangan.

"Kebersihan pantai adalah tanggung jawab kita bersama, karena kalau pantai bersih pasti kita akan merasa nyaman berlibur di sini (Gili Trawangan, red)," harap wanita yang sangat perduli dengan kebersihan pantai di Gili Trawangan tersebut.

Diakuinya, permasalahan polusi sampah plastik ke laut merupakan isu global yang tengah hangat diperbincangkan. Pasalnya, hampir 80 persen sampah yang berada di laut berasal dari daratan.

Bahkan, Indonesia sendiri, menurutnya menyandang predikat sebagai negara kedua terbesar penyumbang sampah plastik ke laut setelah China.

"Hal ini berdasarakan penelitian Dr Jenna Jambeck (2015) terdapat enam negara anggota ASEAN yang masuk ke dalam daftar 20 besar negara penyumbang sampah plastik ke lautan," tandasnya. (*)