Pembalap Norris taklukkan Verstappen balapan utama GP Belanda

id Lando norris,max verstappen,f1 2024,gp belanda,gp belanda 2024

Pembalap Norris taklukkan Verstappen balapan utama GP Belanda

McLaren's British driver Lando Norris and Mercedes' British driver Lewis Hamilton (back) compete in the Formula One British Grand Prix at the Silverstone motor racing circuit in Silverstone, central England, on July 7, 2024. (Photo by BENJAMIN CREMEL / AFP) (AFP/BENJAMIN CREMEL)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap McLaren Lando Norris menaklukkan pemimpin klasemen musim ini, Max Verstappen (Red Bull) pada balapan kandangnya yakni Grand Prix Belanda di Sirkuit Zandvoort, Minggu.

Norris menjadi yang tercepat setelah unggul 22,896 detik dari juara dunia tiga kali tersebut. Selain menyempurnakan akhir pekannya, hasil ini sekaligus mematahkan dominasi Verstappen di Zandvoort yang sudah mengoleksi tiga kemenangan balapan utama berturut-turut.

“Ini terasa sangat menyenangkan,” kata Norris setelah memenangkan balapan dengan total 72 lap tersebut.

Pembalap asal Inggris itu memulai Grand Prix Belanda dari posisi terdepan, tetapi Verstappen dengan cepat mengambil alih posisi tersebut pada lap keempat, dengan keunggulan 1,356 detik.

Tak membutuhkan waktu lama bagi Norris untuk kembali fokus dan memperebutkan tempat terdepan. Ia terus memberikan tekanan di pertengahan balapan. Pertarungan seru juga menghiasi perebutan tempat podium terakhir, dengan Charles Leclerc (Ferrari), Oscar Piastri (McLaren), dan Carlos Sainz (Ferrari) bersaing dengan ketat.

Leclerc pun berhasil finis di posisi ketiga dengan margin 25,439 detik dari Norris, atau 2,543 detik saja dari Verstappen.

Baca juga: Bagnaia unggul lima poin di puncak dari Martin
Baca juga: NTB ensures hotel rates to not surpass limit during MotoGP event

Adapun daftar 10 besar GP Belanda kali ini dilengkapi oleh Piastri, Sainz, Sergio Perez (Red Bull), George Russell dan Lewis Hamilton (Mercedes), Pierre Gasly (Alpine), dan Fernando Alonso (Aston Martin).

Sementara itu, Norris semakin memperkecil jaraknya dengan Verstappen pada klasemen sementara dengan selisih 70 poin. Sementara Leclerc berada di posisi ketiga pada klasemen pembalap saat ini. Putaran Formula 1 2024 selanjutnya adalah Grand Prix Italia yang akan bergulir di Sirkuit Monza pada 30-31 Agustus dan 1 September.