Dua surfer Aceh pimpin nilai tinggi nomor longboard

id surfing,selancar,selancar ombak,PON XXI Aceh-Sumut 2024,papan selancar,poin

Dua surfer Aceh pimpin nilai tinggi nomor longboard

Seorang atlet menunjukkan kemampuannya dalam pertandingan selancar ombak PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Pantai Riting, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar (ANTARA/ HO-TD Selancar Ombak)

Banda Aceh (ANTARA) - Dua surfer asal Tanah Rencong Aceh yang turut di nomor Longboard/papan panjang berhasil membukukan nilai tertinggi pada laga perdana cabang olahraga selancar ombak Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Pantai Riting, Aceh Besar, Selasa.
 

Kedua peselancar yang turun di papan panjang PON XXI Aceh-Sumut 2024 yakni Dhea Natasya (Aceh) untuk kategori putri mencetak skor 8,67 dari maksimal 10 poin.

Penampilannya mampu memberi kesan pada dewan juri lewat kemampuan nosiride. Skor gelombang pertamanya 7.17 ditambah dengan skor tingginya menghasilkan total 15.85 dari maksimal 20 poin untuk skor gabungan tertinggi di Divisi Longboard Wanita.

Setelah atlet putri asal Aceh memberikan penampilan terbaiknya, kesempatan tersebut juga diraih Divisi Longboard Putra, Dhany Widianto mencetak dua skor hampir sempurna pada dua gelombang pertamanya untuk mendapatkan total 14.93 poin (dari maksimal 20) dengan skor 7.83 dan 7.10.
 

Penampilan tersebut menjadikan dua atlet asal Tanah Rencong tersebut mempersembahkan hasil maksimal pada olahraga pemburu ombak terbaik tersebut.

Baca juga: Peselancar ombak Rio Waida siap tampil di WSL Fiji Pro
Baca juga: Timnas surfing Indonesia berburu tiket Asian Games 2026

Aceh menjadi tuan rumah pertama tempat diperlombakan cabang olahraga selancar ombak di Pantai Riting Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar. Di mana pada PON sebelumnya di Papua cabang olahraga tersebut masuk eksibisi.

Pertandingan surfing PON XXI akan dilaksanakan pada tanggal 10- 14 September 2024 yang diikuti 14 provinsi dengan mempertandingkan lima nomor pertandingan masing-masing Men's Shortboard, Women's Shortboard, Men's Longboard, Women's Longboard and Aerial.

Sebanyak 49 atlet dari 14 provinsi di Tanah Air akan berburu ombak terbaiknya guna memperebutkan 5 medali emas tersebut.