Telkomsel bangun enam sumur bor untuk pengungsi

id Gempa Lombok,Telkomsel

PT Telkomsel (Tbk) menyerahkan bantuan tandon air sebagai tempat penampungan air bersih yang sangat dibutuhkan pengungsi. (Foto Antaranews NTB/ist)

Ke depannya kami terus berupaya agar kebutuhan air bersih tersebut bisa terus didapat oleh para pengungsi
Mataram (Antaranews NTB) - PT Telkomsel (Tbk) memulai proses pembangunan enam sumur bor untuk mengatasi persoalan krisis air bersih dihadapi warga terdampak gempa bumi di Nusa Tenggara Barat yang masih berada di pengungsian.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, mengatakan saat ini kebutuhan utama pengungsi masih terkait dengan masalah penyediaan air bersih.

"Ke depannya kami terus berupaya agar kebutuhan air bersih tersebut bisa terus didapat oleh para pengungsi tidak hanya melalui penyediaan tangki air, karena nantinya pasti akan tergantung kepada pihak lain," katanya.

Ia mengatakan pembuatan enam sumur bor dilakukan bekerja sama dengan relawan.

Sebagian besar sumur bor akan dibangun di Kabupaten Lombok Utara karena daerah terdampak gempa bumi paling parah. Selain itu, di Kabupaten Lombok Timur.

Namun, kata Ririek, daerah-daerah lain yang terdampak gempa juga tetap menjadi perhatian untuk diberikan bantuan, seperti di Kabupaten Lombok Barat dan Pulau Sumbawa.

"Tahap awal ada enam titik yang sudah diajukan oleh para pengungsi melalui relawan. Kami tentu akan terus bergerak menyalurkan bantuan hingga kondisi di NTB, pulih kembali," ujarnya.

Menurut Ririek, kebersamaan dengan para korban gempa tidak hanya dirasakan bersama pada awal-awal kejadian, namun masyarakat NTB masih perlu pendampingan hingga mereka benar-benar merasa aman dari rasa takut yang berkepanjangan.

"Kami juga terus berupaya untuk menggali terkait kebutuhan ke depan yang bisa kami berikan untuk para pengungsi agar lebih bermanfaat lagi bagi mereka nantinya," ucapnya.

Jajaran Telkomsel juga memberikan bantuan "phsyco social" kepada pengungsi melalui Tim Terra (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) di beberapa posko pengungsian.

Telkomsel juga menyalurkan bantuan puluhan paket logistik. Satu paket terdiri atas satu set tenda berikut alasnya, selimut, lampu, dan berbagai kebutuhan harian lainnya.

Selain itu, 100 toren (tandon air) dan 66 toreit yang diserahkan langsung ke lokasi pengungsian dan disaksikan Kepala Dusun Lekok Timur, Kecamatan Gangga, Nasrudin.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut juga memberikan bantuan berupa perbaikan sarana ibadah ke beberapa tempat di Lombok.

Sejak Agustus 2018, Telkomsel juga memberikan telepon dan layanan pesan singkat gratis seharian ke semua operator untuk para pelanggan di Lombok.

Kepala Dusun Lekok Timur, Nasrudin, mengatakan segala macam bantuan dan donasi yang diberikan Telkomsel bermanfaat untuk warganya.

Rasa syukur juga disampaikan Najamuddin, salah satu takmir masjid penerima bantuan perbaikan sarana ibadah di Lombok.

"Atas nama takmir Masjid Nurul Iman, Karang Jangkong, kami sampaikan ucapan terima kasih dan doa agar Telkomsel tidak hanya diterima di hati masyarakat Lombok, namun juga menuai berkah atas segala kebaikannya selama ini," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar