Jokowi bakal saksikan kejuaraan MotoGP 2024 di Mandalika Lombok

id pemprov ntb,kunker presiden jokowi,jokowi nonton motogp,motogp mandalika,motogp 2024,sirkuit mandalika

Jokowi bakal saksikan kejuaraan MotoGP 2024 di Mandalika Lombok

Pebalap tim Red Bull KTM Miguel Oliveira (kiri) tampak berselebrasi sebelum menerima trofi juara MotoGP Grand Prix Indonesia yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyatakan kesiapan menyambut kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, dalam rangka menyaksikan kejuaraan dunia balap motor MotoGP 2024.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB Lalu Gita Ariadi memimpin langsung rapat koordinasi terkait persiapan untuk penyambutan Jokowi di Nusa Tenggara Barat.

"Kunjungan tersebut merupakan kunjungan yang ke-19 kali ke Nusa Tenggara Barat," ujarnya di Mataram, Jumat.

Gita menekankan pentingnya koordinasi dan kesiapan yang matang untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi beserta rombongan.

Baca juga: Arus lalu lintas ke Sirkuit Mandalika Lombok hari pertama MotoGP lancar

Dia meminta semua persiapan berjalan dengan baik, tidak hanya menyangkut aspek keamanan, tetapi juga kenyamanan serta kelancaran seluruh rangkaian acara.

"Penyambutan presiden harus dilakukan dengan sebaik-baiknya sebagai bentuk penghormatan dan keseriusan NTB dalam menyelenggarakan ajang internasional, seperti MotoGP," ucap Gita.

Ia mengatakan kunjungan Presiden Jokowi untuk melihat langsung balapan MotoGP tersebut adalah bentuk dukungan pemerintah pusat kepada Nusa Tenggara Barat.

Pemerintah setempat memastikan semua persiapan, termasuk infrastruktur, transportasi, dan protokol keamanan, terkoordinasi dengan baik.

"Kepada seluruh organisasi perangkat daerah dan instansi terkait untuk bekerja sama dan memastikan semua aspek teknis telah siap sebelum kunjungan berlangsung," ujar Gita.

Baca juga: BPBD antisipasi potensi bencana saat pertandingan MotoGP Mandalika

Ajang balap motor internasional MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu (28/9) digelar sesi kualifikasi dan Minggu (29/9) adalah balapan utama.

Sirkuit Mandalika yang dibuka sejak dua tahun lalu itu memiliki banyak tikungan unik yang membuatnya ideal bagi para pembalap untuk saling menyalip.

Lintasan balap dirancang dengan panjang 4,31 kilometer dan 17 tikungan, terdiri atas 11 belokan ke kanan dan enam belokan ke kiri.

Baca juga: Cuaca race MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika berawan