Bagnaia dan Binder pimpin dua sesi latihan MotoGP di Sirkuit Motegi Jepang

id Francesco bagnaia,brad binder,motogp jepang,motogp jepang 2024,motogp 2024

Bagnaia dan Binder pimpin dua sesi latihan MotoGP di Sirkuit Motegi Jepang

Brad Binder (ANTARA/HO/Red Bull KTM)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia dan pembalap Red Bull KTM Brad Binder masing-masing memimpin sesi latihan bebas (FP) pertama dan sesi latihan (practice) Grand Prix Jepang di Sirkuit Motegi, Jumat.

Pada sesi FP1, Bagnaia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu terbaik 1 menit 45,209 detik, di depan rival terdekatnya musim ini, Jorge Martin (Prima Pramac Racing) yang hanya terlampau 0,109 detik saja.

Sesi FP1 berlangsung cukup menantang dengan hujan yang tiba-tiba turun di tengah sesi. Beberapa pembalap harus memutar otak demi merancang strategi terbaik jika kondisi ini terjadi lagi di sesi kualifikasi maupun balapan utama.

Bagnaia dan Martin terlihat melakukan bike swaps di pertengahan sesi demi mempermudah strategi teknis mereka.

Baca juga: Bagnaia Juara Sprint Race, Hari Kedua MotoGP Mandalika Listrik Andal

Adapun para pembalap lain yang berada di belakang Bagnaia dan Martin pada sesi FP1 adalah Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46), juara dunia delapan kali Marc Marquez (Gresini Racing), dan Jack Miller (Red Bull KTM).

Melengkapi daftar 10 besar pada sesi latihan bebas pertama adalah Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46), Joan Mir (Repsol Honda), Johann Zarco (LCR Honda), Maverick Vinales (Aprilia Racing), dan Enea Bastianini (Ducati Lenovo).

Baca juga: Pembalap Martin rebut kemenangan MotoGP Indonesia di Mandalika

Beralih ke sesi practice, Binder menjadi yang terdepan dengan catatan waktu lap terbaik 1 menit 43,436 detik di depan Marc Marquez dan Martin yang masing-masing finis di posisi kedua dan ketiga.

Lebih lanjut, ada Pedro Acosta (GASGAS Tech3) di posisi keempat dan Enea Bastianini (Ducati Lenovo) di posisi kelima. Bastianini sempat mengalami kecelakaan tunggal pada Tikungan 13, tapi ia dinyatakan laik untuk kembali berkompetisi.

Melengkapi daftar 10 besar pada sesi practice MotoGP Jepang adalah Vinales, Bagnaia, Alex Marquez (Gresini Racing), Di Giannantonio, dan Bezzecchi.

Sementara itu, rangkaian MotoGP Jepang akan berlanjut pada Sabtu (5/10). Sesi latihan bebas kedua dimulai pada pukul 08.10 WIB, diikuti dengan sesi kualifikasi pada pukul 08.50 WIB, dan Sprint pada pukul 13.00 WIB.

Balapan utama digelar pada Minggu (6/10) pada pukul 12.00 WIB.
 

Baca juga: Bagnaia: Strategi teknis jadi kunci kemenangan Sprint MotoGP Mandalika