WARGA SENGGIGI LOMBA KEBERSIHAN SAMBUT "LOMBOK TIME"

id

          Mataram, 8/10 (ANTARA) - Warga di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar lomba kebersihan guna menyambut pelaksanaan Pasar Wisata Indonesia atau Tourism Indonesian Mart Expo (TIME) pada 16-19 Oktober mendatang.

         "Lomba kebersihan itu merupakan inisiatif masyarakat Senggigi yang menghendaki pantai itu tampak asri demi kesuksesan pelaksanaan TIME 2009 yang akan diikuti ratusan 'buyers' dan 'sellers' dari puluhan negara itu," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB, Lalu Gita Ariadi, di Mataram, Kamis.

         Ariadi mengatakan, lomba kebersihan antara kelompok msyarakat Senggigi itu akan dimulai Sabtu (10/10) hingga menjelang pelaksaaan Lombok TIME 2009, Jumat (16/10) pekan depan.

         Pemenangnya akan meraih tropi penghargaan dan sejumlah hadiah dari sponsor pemerintah maupun swasta.

         "Saya sudah sampaikan hal ini kepada Pak Gubernur dan beliau menyambut baik berbagai kegiatan menuju kesuksesan Lombok TIME 2009 itu," ujarnya.

         Ariadi mengaku juga telah menyarankan Gubernur NTB, KH. M. Zainul Majdi, untuk memanfaatkan hari olahraga di kalangan PNS Pemprov NTB pada Sabtu (10/10) pagi guna membantu membersihkan pantai Senggigi.

         Lombok TIME 2009 itu akan dipusatkan di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di areal seluas 2.100 meter persegi di kawasan pantai belakang The Santosa Villas & Resort.

         Panitia Pengarah (Steering Commitee) dan panitia pelaksana (Organizing Commitee) Lombok TIME 2009 menggunakan PCO dan Contractor PT Pacto Convex Ltd yang menjalin kerja sama dengan Samudera Dyan Praga selaku selaku agen perancang "stand" promosi dan penjualan produk serta pelaksana pameran.

         Pacto Convex dan Samudera Dyan Praga akan membangun tenda yang representatif namun bersifat sementara (temporary hall) di pantai wisata Senggigi.

         Sementara Badan Promosi Pariwisata Lombok Sumbawa atau yang lebih dikenal dengan Lombok Sumbawa Promo beserta organisasi pelaku pariwisata lainnya di NTB berperan sebagai penyelenggara kegiatan, terutama memperlancar dukungan anggaran.  
    Demi kelancaran penyelenggaraan Time 2009 itu Pemerintah Provinsi NTB mengalokasikan dana sebesar Rp5 miliar yang dialokasikan sesuai peruntukkannya masing-masing sebesar Rp2,9 miliar kepada EO PT Pacto Convex dan Rp470 juta kepada LSP untuk operasional dan kegiatan promosi.

         Sisanya dukungan dana APBD NTB sebesar Rp1,5 miliar lebih untuk kebutuhan pembuatan iklan tentang potensi pariwisata NTB dan kegiatan penting lainnya.

         Pihak-pihak terkait di NTB pun menghendaki lokasi penyelenggaraan Lombok TIME 2009 itu lebih bernuansa pantai. (*)