IBL seleksi empat tim pengganti Bogor Siliwangi

id IBL

IBL seleksi empat tim pengganti Bogor Siliwangi

Direktur Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Hasan Gozali ketika memberikan keterangan mengenai perkembangan IBL terkini di Jakarta, Kamis (30/5). (Michael Siahaan)

Mataram (ANTARA) - Direktur Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Hasan Gozali mengatakan, pihaknya tengah menyeleksi tiga sampai empat tim yang mengajukan diri untuk menggantikan klub Bogor Siliwangi di Liga Bola Basket Indonesia (IBL) musim terbaru.

"Kira-kira ada tiga sampai empat tim menyatakan ketertarikan, bukan saja berasal dari klub amatir, tetapi juga ada dari klub pribadi. Namun saya tidak bisa bilang nama-namanya," ujar Hasan di Jakarta, Kamis malam.

Meski demikian, Hasan mengakui belum sempat berdiskusi apapun dengan klub-klub tersebut. Dia pun berjanji akan segera berbicara dengan klub-klub itu satu per satu.

Klub Bogor Siliwangi dipastikan tidak akan tampil di musim 2019-2020 setelah lisensinya dicabut oleh pihak IBL.

Bogor Siliwangi, yang berganti kepemilikan pada tahun 2017 dari PT Bandung Utama Raya ke PT Neosport Maung Indonesia, dianggap tidak memenuhi kewajiban-kewajibannya termasuk untuk melunasi gaji para pemainnya.

Baca juga: Masalah gaji tak selesai, nasib Bogor Siliwangi pun selesai

Berkaca dari situasi tersebut, pihak IBL bertekad benar-benar menyaring klub baru yang ingin berkompetisi di liga.

"Kami tidak mau kecolongan lagi. Kami harus mengetahui detail soal finansial dan komitmen mereka. Visi harus sama, kalau tidak ya percuma," tutur Hasan.

Pihak IBL sendiri menegaskan hanya akan mencari satu klub untuk menggantikan Bogor Siliwangi. Tidak ada peluang IBL 2019-2020 digelar dengan lebih dari 10 tim peserta.

"Kami mau liga dalam kondisi stabil terlebih dahulu sebelum kita berbicara untuk menambah peserta," kata Hasan.

Sementara jika tidak menemukan pengganti Bogor Siliwangi, IBL akan tetap menggelar liga dengan sembilan tim peserta.

"Secara regulasi tidak ada minimal peserta untuk liga. Kalau misalnya hanya ada enam, delapan atau sembilan klub, nanti bagaimana kami mengelola formatnya saja," ujar Hasan.

Baca juga: IBL belum bisa pastikan jadwal liga musim terbaru