Lombok Utara menjadikan momentum HUT bangkit pascagempa

id Lombok Utara bangkit,bangkit pascagempa,momentum HUT,HUT Lombok Utara

Ketua Panitia HUT ke-11 Kabupaten Lombok Utara, Baiq Prita Setiati (berjilbab), memberikan penjelasan mengenai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Kabupaten Lombok Utara, kepada para wartawan di Tanjung, ibukota Kabupaten Lombok Utara, NTB, Kamis. (11/7). (Foto Humaspro KLU)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat memanfaatkan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 daerah itu untuk mengajak seluruh komponen masyarakat bangkit membangun kembali wilayah yang sempat terpuruk akibat rentetan gempa bumi yang terjadi pada 29 Juli dan Agustus 2018.

Pelaksana harian Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Lombok Utara, H Rubain, di Tanjung, Kamis, mengatakan puncak perayaan HUT ke-11 Kabupaten Lombok Utara akan digelar pada 21 Juli 2019.

Penyelenggaraan HUT pada 2019 bertemakan "Menuju Lombok Utara unggul" dengan sub tema "Bangkit bangun kembali dan Lombok Utara membangun".

"Peringatan HUT tidak sekadar momentum tahunan memperingati hari bersejarah terbentuknya daerah bersesanti 'Tioq Tata Tunaq' tetapi bermakna momentum membangun kembali berbagai aspek pembangunan daerah setelah dikoyak gempa bumi pada 2018 silam," katanya dalam jumpa pers bersama wartawan.

Rubain yang didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Utara, Mujaddid Muhas, mengatakan bangkit bangun kembali dari musibah bencana gempa bumi direalisasikan secara sungguh-sungguh dengan niat tulus dan tekad bulat oleh segenap lapisan masyarakakat.

Lombok Utara berikhtiar membangun berbagai sendi kehidupan secara perlahan setahap demi setahap dengan optimisme dan spirit kebangkitan untuk membangun dengan menata kelola kembali segenap aspek pembangunan daerah. Pasalnya, daerah itu memiliki sumber daya yang cukup menormalisasi keadaan seperti sedia kala.

Rubain menambahkan manifestasi Lombok Utara membangun, dilandasi dengan komitmen dan keyakinan teguh disertai ikhtiar dan doa. Segenap elemen masyarakat sumringah untuk menggapai ekspektasi kemajuan masyarakat lintas generasi pada masa mendatang.

"Oleh karena itulah, peringatan HUT pada 2019 menjadi momentum bagi segenap lapisan masyarakat dan berupaya semaksimal mungkin, bertungkus lumus dan berlintang pukang dalam ikhtiar kolektif memperjuangkan masa depan unggul yang lebih baik dan lebih berkah dengan menoreh hari esok gemilang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT ke-11 Kabupaten Lombok Utara, Baiq Prita Setiati, menyebutkan untuk memeriahkan dan menyemarakkan perayaan HUT ke-11 Kabupaten Lombok Utara pada 2019, pemerintah daerah setempa menggelar berbagai kegiatan perlombaan, antara lain pemilihan Putri Cilinaya 2019, lomba qasidah (lasqi), lomba gendang beleq.

Ada juga lomba bidang olahraga, meliputi basket, bola volly, sepak bola mini, lomba tenis meja, lomba badminton, senam indah dan makan buah segar.

Selain itu, lomba gerak jalan indah (PBB) untuk kategori siswa-siswi SD/MI, SMP/Mts, SMA/SMK/MA, dan satuan kerja perangkat daerah, serta untuk umum.

Sebelum hari puncak peringatan HUT ke-11 Kabupaten Lombok Utara, didahului dengan kegiatan kirab pataka mulai dari Kecamatan Bayan sampai Kecamatan Tanjung.

Upacara serah terima pataka dari Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar, ke Satuan Polisi Pamong Praja dan Petugas Pemadam Kebarakan Kabupaten Lombok Utara, akan dilaksanakan pada Senin, 15 Juli 2019.

Puncak peringatan dilangsungkan dengan pelaksanaan upacara HUT Kabupaten Lombok Utara, pada Minggu, 21 Juli 2019.

"Semua peserta upacara peringatan HUT diwajibkan mengenakan pakaian adat," kata Baiq Prita, yang juga menjabat sebagai Pelaksana harian Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara,
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar