Kepala BNPB cek wilayah terdampak gempa di Pandeglang, Banten

id Bnpb, gempa samudera hindia, gempa pandeglang

Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bernardus Wisnu Widjaja saat temu pers soal gempa bumi Pandeglang Banten di Jakarta, Jumat (2/8/2019). (ANTARAnews/ Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo telah tiba di Pandeglang, Banten, Sabtu, untuk mengecek kondisi di lapangan setelah gempa yang terjadi di kawasan itu, Jumat (2/8) malam.

Staf Khusus BNPB Egy Massadiah menuturkan, kehadiran Doni ke lokasi hendak memastikan secara langsung dampak gempa yang terasa sampai Jakarta dan sebagian Jawa Barat itu.

"Kedatangan pak Doni ingin memastikan bahwa semua dukungan untuk masyarakat yang terdampak langsung atau tidak, semua berjalan dengan baik," kata Egy.

Menurut Egy, kunjungan Doni ke Pandeglang terbilang mendadak karena sebelumnya Doni dijadwalkan bertolak ke Palangkaraya dan Pontianak untuk meninjau kegiatan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Namun beliau menundanya dan memutuskan untuk berada di Banten terkait dengan gempa yang terjadi semalam," ucap Egy.

Semalam sesaat setelah gempa, Presiden Joko Widodo langsung memerintahkan BNPB, TNI, Polri, dan Menteri sosial untuk bertindak cepat.

Merespons amanah Jokowi yang disampaikan sela-sela pertunjukan Wayang Kulit di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, Doni pun memastikan kalau keadaan saat ini sudah aman.

“Karena tidak berpotensi tsunami. Pascagempa, dirinya langsung menghubungi aparat terkait untuk mendapatkan informasi terkini,” ucap dia.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar