YAYASAN SUPERSEMAR SIAPKAN "SUPERSEMAR AWARDS"

id

Jakarta, 13/12 (ANTARA) - Yayasan Beasiswa Supersemar sedang mempersiapkan Supersemar Awards, sebuah penghargaan bagi warga negara Indonesia berprestasi, kata Wakil Ketua Yayasan Supersemar Nazaruddin Umar.

"Kita segera melakukan penelitian untuk rancangan Supersemar Awards," katanya dalam seminar bertajuk "Memperkokoh Kebangsaan di Tengah Dinamika Pluralisme Sosial Politik" di Jakarta, Sabtu.

Nazaruddin mengatakan, Yayasan Supersemar akan mengirimkan surat edaran ke seluruh pengurus di daerah. Surat edaran itu antara lain berisi tentang penelitian, sebelum pemberlakuan Supersemar Awards.

Menurut Nazaruddin, penelitian tersebut antara lain ditujukan untuk melihat karya akademik dari seluruh warga negara Indonesia. Hal itu akan dijadikan dasar untuk menentukan penerima Supersemar Awards.

"Kita sudah membentuk tim untuk itu," kata Nazaruddin.

Nazaruddin belum bersedia merinci bentuk dan nilai pengghargaan yang akan diberikan. Namun, Nazaruddin menegaskan, pihaknya akan bekerjasama dengan sponsor untuk mewujudkan Supersemar Awards yang rencananya digelar setiap tahun itu.

Nazaruddin juga menjelaskan bahwa YayasanB Beasiswa Supersemar akan melakukan pemetaan tentang penyaluran beasiswa di seluruh Indonesia.

Pemetaan itu untuk menyesuaikan besaran kucuran beasiswa dengan kebutuhan beasiswa di suatu daerah.

"Selama ini beasiswa sama tanpa mempertimbangkan biaya kemahalan di setiap daerah," kata Nazaruddin.



Padahal, katanya, biaya hidup di setiap daerah berbeda-beda. Oleh karena itu, pemetaan sangat diperlukan pemetaan untuk mengukur kebutuhan beasiswa di suatu daerah, disesuaikan dengan biaya hidup di daera tersebut.

Rencananya, Yayasan Beasiswa Supersemar akan berpatokan antara lain pada jenis bidang studi dalam memberikan beasiswa.

Yayasan Beasiswa Supersemar telah memberikan beasiswa sejak 1970-an. Nazaruddin mengatakan, yayasan yang dipimpinnya telah memberikan beasiswa kepada sedikit-dikitnya empat juta orang sampai dengan 2008.(*)