Sebanyak 17 "berugak" disiapkan di Pantai Ampenan Mataram

id berugak Ampenan,ampenan,pantai ampenan,mataram

Sebanyak 17 "berugak" disiapkan di Pantai Ampenan Mataram

Areal Pantai Ampenan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang terkesan tertutup karena lapak pedagang kaki lima. ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengatakan, dalam konsep revitalisasi Pantai Ampenan akan dilengkapi 17 "berugak" atau gazebo berbentuk lumbung sebagai ciri khas kearifan lokal di daerah ini.

"Sebanyak 17 berugak itu, kita tata di pinggir pantai agar pengunjung bisa lebih nyaman dan leluasa menikmati suasana pantai," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram Cahya Samudra di Mataram, Senin.

Pernyataan itu disampaikan seusai melakukan rapat koordinasi dan ekspose penataan Pantai Ampenan serta Kota Tua Ampenan yang diikuti sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan dipimpin langsung Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana.

Baca juga: Pantai Ampenan Mataram siap dilengkapi mini "amphitheater"

Dalam rapat koordinasi tersebut Dispar diminta melakukan percepatan untuk kegiatan revitalisasi karena anggaran Rp4,5 miliar dari bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah siap.

"Untuk kegiatan revitalisasi target kami bulan Juni 2024, kegiatan fisik sudah dimulai sampai Desember 2024. Karena sekarang masih tahap tender," katanya.

Menurut dia, dengan adanya 17 unit berugak yang akan ditempatkan di pinggir Pantai Ampenan, maka pinggir pantai yang saat ini dipenuhi lapak pedagang kaki lima (PKL) akan disterilkan dan dipindah ke bagian pinggir.

Baca juga: PUPR Mataram pasang 150 meter pengaman tanggul cegah erosi pantai pesisir

Selama ini, keberadaan lapak PKL yang di tengah-tengah kawasan pantai terkesan menutup pemandangan pantai, ketika pengunjung masuk dari gapura Pantai Ampenan.

"Setelah PKL kita pindah ke pinggir, maka begitu mengunjung tiba di gapura masuk, mereka sudah bisa langsung melihat pantai," katanya.

Lebih jauh Cahya mengatakan, dengan anggaran Rp4,5 miliar itu, penataan Pantai Ampenan juga akan dilengkapi dengan dengan mini "amphitheater" atau gelanggang pertunjukan seni dan budaya dengan kapasitas maksimal 1.000 orang.

Baca juga: Relokasi PKL Pantai Ampenan setelah revitalisasi kawasan pantai rampung

Mini "amphitheater" itu, akan dibangun seperti gelanggang pertunjukan di Teras Udayana menggantikan lapak pedagang kaki lima (PKL) yang ada di Pantai Ampenan dan terkesan menutup kawasan pantai.

"Mini 'amphitheater' itu sebagai wadah ruang kreatif bagi pelaku seni dan budaya di Kota Mataram," katanya.

Selain itu, tambahnya, sesuai dengan arahan Wali Kota Mataram, meminta agar penataan toilet di Pantai Ampenan bisa lebih representatif.

"Kondisi toilet di sebuah kawasan objek wisata sangat penting, untuk memberikan kenyamanan pengunjung," katanya.


Baca juga: Revitalisasi Pantai Ampenan Mataram senilai Rp4,5 miliar segera tender