Program Liga Sinova 2024 diluncurkan di Lombok Tengah

id Liga Sinova 2024,Lombok Tengah ,NTB

Program Liga Sinova 2024 diluncurkan di Lombok Tengah

Acara peluncuran Liga Sinova yang digelar Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB di kantor bupati setempat, Senin (06/05/2024) (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), meluncurkan Program Liga Sinova atau Sistem Inovasi Daerah 2024 dalam rangka meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

"Inovasi ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan percepatan pelayanan kepada masyarakat," kata Bupati Kabupaten Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri saat membuka acara Jambore (Jalin Aksi Membangun Kolaborasi) di kantor bupati setempat, Senin.

Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kata dia, diharapkan memiliki Inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Selain itu inovasi ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan serta peningkatan ekonomi masyarakat.

"Inovasi ini tidak hanya di bidang pelayanan administrasi, namun di semu bidang baik pendidikan maupun kesehatan," katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah memperkuat pelayanan melalui Liga Sinova

Ia mengatakan program Inovasi ini juga bertujuan meningkatkan kinerja penyelenggaraan daerah, sehingga sasaran inovasi diarahkan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan melalui pelayanan publik.

"Inovasi itu untuk meningkatkan pemberdayaan dan peningkatan daya saing masyarakat Lombok Tengah," katanya.

Oleh karena itu pemerintah daerah (pemda) juga telah melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi untuk meningkatkan pembangunan di Lombok Tengah. Selain itu untuk mendukung inovasi yang diciptakan, pemda telah membuat peraturan bupati sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Hal ini untuk mendukung penerapan inovasi tersebut dari segi anggaran, sehingga harus ada payung hukum untuk mendukung program tersebut," katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah meluncurkan "Liga Sinova" 2023

Sementara itu Kepala Baperinda Kabupaten Lombok Tengah Lalu Wiranata mengatakan kegiatan ini merupakan peluncuran Program Sinova 2024 guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan Liga Sinova 2023 itu diikuti oleh 42 peserta dan hasil seleksi terdapat 8 persen dan 3 peserta yang menjadi juara.

"Program 2024 ini kita perluas, peserta bisa dari mana saja termasuk masyarakat," katanya.

Inovasi yang dihasilkan oleh para peserta dalam Liga Sinova ini akan dijadikan program pemda  sehingga peserta kegiatan ini diperluas dengan harapan bisa menghasilkan inovasi yang terbaik untuk kepentingan masyarakat Lombok Tengah.

"Ke depan inovasi yang dihasilkan itu menjadi program untuk diterapkan di Lombok Tengah," katanya.