Anthony merebut tiket final dari Chen Long

id anthony sinisuka ginting,bwf world finals,chen long

Anthony merebut tiket final dari Chen Long

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting. ANTARA/Tim PBSI/pri. (ANTARA/Tim PBSI)

Jakarta (ANTARA) - Anthony Sinisuka Ginting berhasil merebut tiket babak final BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou berkat kemenangan dua gim langsung 21-15 dan 21-15 atas wakil tuan rumah, Chen Long pada pertandingan semifinal yang berlangsung di Tianhe Gymnasium Guangzhou, China, Sabtu.

"Puji Tuhan bisa menang hari ini dan lolos ke final. Pastinya senang dengan hasil ini karena tadi saya mainnya juga tidak terlalu banyak melakukan kesalahan sendiri. Bisa menikmati pertandingan," kata Anthony dalam keterangan tertulis PP PBSI di Jakarta, Sabtu.

Ini menjadi kemenangan kedua bagi Anthony atas Chen Long di sepanjang turnamen BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou. Sebelumnya Anthony juga mengalahkan Long di fase penyisihan Grup B, juga dengan kemenangan dua gim langsung 21-12 dan 21-11.

Pada pertemuan kedua yang berlangsung selama 41 menit ini, Anthony tampil menguasai jalannya permainan dari awal hingga akhir. Menurutnya, tidak ada perbedaan yang signifikan dari permainan Chen Long hari ini dan pertemuan sebelumnya.

"Secara keseluruhan hampir sama permainannya di pertandingan hari ini dan sebelumnya. Mungkin dari segi strategi mainnya hari ini yang sedikit berbeda dengan kemarin. Hari ini dia mainnya lebih banyak menurunkan bola, jadi otomatis saya harus angkat bola." 

"Tapi bersyukurnya, saya bisa menghindari itu, dan tetap bisa mengatur tempo permainan," katanya menjelaskan.

"Kalau berbicara kualitas lawan, tidak ada bedanya dengan pertandingan sebelumnya, dia tetap pemain yang bagus," ujar Anthony menambahkan.

Di babak final, Anthony masih menunggu calon lawannya. Ia berpotensi bertemu dengan tunggal putra nomor satu dunia Kento Momota (Jepang), yang baru akan bertanding dengan Wang Tzu Wei (Taiwan) pada pukul 18.00 waktu setempat, atau pukul 17.00 WIB.

"Kalau bertemu Momota, saya siap semuanya, baik fisik maupun teknik. Saya harus selalu siap seratus persen kalau bertemu Momota. Yang penting setelah ini saya mau istirahat dan jaga kondisi," tuturnya.