Kualitas udara memburuk, kualifikasi Australia Open terganggu kembali

id australia terbuka,kualitas udara buruk,kualifikasi,australia open

Kualitas udara memburuk, kualifikasi Australia Open terganggu kembali

Pemandangan umum udara yang diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dalam sesi latihan Australia Open di Melbourne Park, Melbourne, Australia, Selasa, (14/1/2020). (AAP Image/Michael Dodge/via REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Hari kedua pertandingan kualifikasi turnamen Australia Open Rabu, kembali terganggu karena kualitas udara masih memburuk akibat asap kebakaran lahan yang masih menyelimuti Melbourne.

Panitia mengatakan sesi latihan di Melbourne Park ditangguhkan hingga pukul 11.00 (00.00 GMT) dan kualifikasi tidak akan berlangsung sampai pukul 13.00 waktu setempat.

Bersamaan dengan kualifikasi Australia Open itu, pertandingan turnamen regional di Traralgon dan Bendigo untuk level junior di Royal Park di Melbourne, juga telah ditangguhkan, kata organisasi Tennis Australia dalam pernyataannya dikutip dari Reuters.

"Kondisi di Melbourne Park terus dipantau dan keputusan lebih lanjut akan dibuat berdasarkan data yang diterima dan konsultasi bersama tim medis kami, Biro Meteorologi dan ilmuwan dari EPA Victoria," kata pernyataan itu.

Panitia menunda kualifikasi lebih dari satu jam pada Selasa karena kualitas udara yang buruk tetapi hal itu dikritik para pemain karena pembiaran dilanjutkan.

Petenis Slovenia, Dalila Jakupovic, terpaksa mundur setelah menderita batuk pada set kedua pertandingannya dan mengecam penyelenggara turnamen karena mengizinkan permainan berlanjut.

Kualitas udara diperkirakan membaik pada Rabu ketika hujan diperkirakan turun tetapi cuaca juga kemungkinan bisa menyebabkan penundaan lebih lanjut pada jadwal.

Australia mengalami salah satu musim kebakaran terburuknya dalam sejarah, dengan kebakaran selama berbulan-bulan dan merenggut nyawa 28 orang, menghancurkan lebih dari 2.500 rumah dan merusak hutan dan tanah pertanian seukuran negara Bulgaria.