Unik, TPS di Sumbawa Barat mirip tempat acara pernikahan dan berkostum petani

id Pilkada

Unik, TPS di Sumbawa Barat mirip tempat acara pernikahan dan berkostum petani

Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Sumbawa Barat yang mendesain TPS nya dengan berbagai macam hiasan sehingga menarik minat masyarakat untuk datang mencoblos. 

Taliwang, KSB (ANTARA) - Unik, itulah kata yang dapat menggambarkan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Sumbawa Barat yang mendesain TPS nya dengan berbagai macam hiasan sehingga menarik minat masyarakat untuk datang mencoblos. 

Seperti di TPS 3 Kelurahan Menala Kecamatan Taliwang yang mendesain TPS nya mirip dengan tempat acara resepsi pernikahan. TPS tersebut dihiasi oleh beberapa lampu hias dan kain rempel berbagai macam warna. 

Kursi dan meja juga dihiasi dan dibungkus dengan kain cantik menambah keindahannya. Background di bilik suara juga didesain seperti dekorasi panggung pernikahan. Warga yang masuk ke TPS tersebut terasa nyaman dan betah berada di dalamnya.

Keunikan lebih terasa saat melihat gerbang menuju TPS seperti di acara-acara perkawinan serta karpet merah yang dibentangkan dari gerbang tersebut hingga ke dalam TPS.

Selain TPS Menala, keunikan juga ditampilkan di TPS 1 Desa Sermong Kecamatan Taliwang. Di TPS tersebut para anggota KPPS menggunakan kostum petani lengkap dengan topinya. 

Hal ini mengundang perhatian warga setempat yang melakukan pencoblosan. Warga bukan lagi deg-degan dengan proses pemilihan tetapi malah terhibur dengan keunikan tersebut. 

Selain kostum petani, TPS juga didesain seindah mungkin dengan balutan kain rempel warna warni dengan pernak pernik yang didominasi warna emas dan merah. 
 
Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Sumbawa Barat yang mendesain TPS nya dengan berbagai macam hiasan sehingga menarik minat masyarakat untuk datang mencoblos. 

Selain unik, dua TPS ini juga mengikuti protokol kesehatan, seperti mengimbau menggunakan masker, menpatkan tempat cuci tangan di jalan masuk TPS dan mengatur kursi serta bilik suara agar berjarak, sama dengan TPS-TPS lainnya di Sumbawa Barat. 

Keunikan dua TPS ini mengundang perhatian Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Herman Suriyono SIK dan Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol CZI Sunardi ST MIP. Dua pimpinan Porlri dan TNI tersebut langsung terjun ke dua lokasi TPS karena penasaran. 

"Kami mengapresiasi apa yang dilakukan oleh KPPS di dua TPS ini, karena ini bagian penting untuk menarik partisipasi aktif masyarakat untuk datang ke TPS," katanya. 

Kapolres juga mengimbau warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19 agar proses demokrasi berjalan aman, damai dan sehat tanpa meninggalkan masalah. 

Ia juga mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas di lingkungan masing-masing dan tidak cepat percaya pada kabar yang belum tentu benar keberadaannya.