Lombok Utara gelar Festival Sangah Kupi 2020

id Festival Sangah Kupi,Lombok Utara,Disbudpar Lombok Utara

Lombok Utara gelar Festival Sangah Kupi 2020

Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar, membuka Festival Sangah Kupi 2020, di Bale Jukung Tanjung, Selasa (15/12/2020). ANTARA/HO/Diskominfo KLU

Mataram (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lombok Utara bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat menggelar Festival Sangah Kupi 2020, di Bale Jukung Tanjung, Selasa (15/12).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar, dan dihadiri oleh sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara (KLU), perwakilan NGO, serta para tamu undangan lainnya.

Festival Sangah Kupi 2020 tersebut diikuti sebanyak 17 kelompok industri kecil menengah (IKM) kopi dan kelompok tani dari tiap kecamatan di Kabupaten Lombok Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar mengatakan persoalan produk kopi di daerahnya pada dasarnya bukan terletak pada kualitas kopinya, tetapi lebih pada bagaimana kualitas dalam proses produksi yang dilakukan oleh para pelaku IKM.

"Semakin akhir, zaman ini semakin modern maka orang tentu semakin banyak bicara soal casing saja, persoalan kita juga di sana. Betapa banyak barang-barang kita yang berkualitas tetapi karena casingnya yang mungkin kurang bagus kurang menarik sehingga orang melihatnya tidak menarik," katanya.

Untuk menjamin produk kopi yang utuh di Kabupaten Lombok Utara, Najmul meminta kepada seluruh OPD terkait untuk memfasilitasi bagaimana agar kekurangan yang ada pada produk kopi yang dihasilkan oleh kelompok-kelompok IKM saat ini bisa lebih ditingkatkan.

Diakhir sambutannya, bupati mengapresiasi acara yang telah dilaksanakan oleh Disbudpar bersama BPPD Kabupaten Lombok Utara tersebut.

Ia juga berharap dengan terselenggaranya festival semacam itu mampu menarik wisatawan lebih banyak lagi kedepannya.

"Ini adalah merupakan acara-acara yang sederhana tetapi real, memiliki manfaat untuk para petani kita," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Disbudpar Kabupaten Lombok Utara Baiq Prita Setiati menjelaskan tujuan Festival Sangah Kupi adalah sebagai motivasi bagi pelaku industri pariwasata, petani kopi, dan IKM di Kabupaten Lombok Utara serta membentuk satu komitmen antara IKM untuk membuat satu label atau merek kopi khas Lombok Utara, yaitu "Kopi Dayan Gunung".

"Mudah-mudahan ini bisa tercapai untuk selanjutnya dan sesuai dengan harapan kita bersama," katanya.