Batalyon Vaksinator TNI Polri dan Pemda Lobar vaksinasi dosis kedua di Polres Lobar

id Batalyon Vaksinator,Kampung Sehat,Lombok Barat

Batalyon Vaksinator TNI Polri dan Pemda Lobar vaksinasi dosis kedua di Polres Lobar

Batalyon Vaksinator TNI Polri dan pemda Lobar, Lakukan Vaksinasi Dosis ke dua di Polres Lobar

Mataram (ANTARA) - Batalyon Vaksinator TNI, Polri dan Pemda Lombok Barat lakukan vaksinasi dosis kedua di Polres Lombok Barat terhadap para tokoh agama, tokoh masyarakat dan anggota Polri, Rabu (24/3).

Kepala Dinas Kesehatan Lobar, drg Hj Ni Made Ambaryati menyebutkan untuk vaksinasi terhadap tenaga kesehatan (Nakes) di Lombok barat telah melebihi target.

“Vaksinasi untuk nakes di Lombok barat, telah lebih dari 100 persen karena kami juga mengajak nakes klinik swasta, sedangkan vaksinasi untuk tempat wisata, sudah dilakukan pada empat titik di wilayah Senggigi,” ungkapnya.

Untuk ke depannya akan dilakukan terhadap warga terutama lanjut usia, bagi mereka yang memiliki NIK yang terverifikasi. "Sebentar lagi akan datang sebanyak lima ribu vaksin astrazeneca, yang saat ini masih dalam perjalanan yang telah digunakan di tujuh negara, termasuk Arab Saudi, mesir dan lainnya, jadi vaksin ini aman,” jelasnya.

Karena pendaftaran vaksinasi itu dilakukan melalui nama, NIK, dan nomor HP, pihaknya pun saat ini masih menunggu data untuk segera bisa melaksanakan vaksinasi untuk para lansia tersebut. 

“Sedangkan di Lombok Barat sendiri, banyak lansia yang NIK-nya masih bermasalah, sehingga sudah meminta kepada pihak desa melalui puskesmas setempat, untuk segera mengusulkan data terkait hal itu,” pungkasnya.

Menurutnya, semua penduduk di Lobar ini harus segera mengurus data kependudukannya, karena target vaksinasi untuk bisa mencapai "hear immunity".

Menyikapi ini Kapolres Lombok Barat melalui Kasubbag Humas AKP Agus Pujianto SPd mengatakan terkait kendala data lansia, pihak puskesmas di masing-masing fesa akan dibantu oleh Tiga Pilar di Desa.

“Akan kami tindak lanjuti, melalui Tim Lomba Kampung Sehat II dan PPKM Skala Mikro, akan bersama-sama turun membantu, yang diharapkan dapat mempercepat dalam Program vaksinasi ini,” ungkapnya.

Dikatakan pula, menyukseskan vaksinasi merupakan salah satu indikator dalam menyukseskan Lomba Kampung Sehat, sehingga dibutuhkan kerja sama dan dukungan semua pihak.

“Dukungan penuh dari Polres Lombok barat Polda NTB, akan membantu semaksimal mungkin Batalyon Vaksinator TNI Polri dan pemda Lobar, dan ini akan terus kita dorong,” pungkasnya.

Menurut dia, Program Pemerintah dalam 5M, 3T dan 1V, memiliki keterkaitan dan relevansi dengan Lomba Kampung II.

“Salah satunya ya itu, untuk menyukseskan program vaksinasi yang juga merupakan bagian dari Lomba Kampung Sehat jilid II,” tandasnya.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar