Banjir genangi permukiman warga di Lombok Timur

id banjir lombok timur,dampak banjir,bencana banjir

Banjir genangi permukiman warga di Lombok Timur

Petugas mengecek rumah warga yang tergenang akibat banjir di Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (HO BPBD)

Selong (ANTARA) - Banjir menggenangi permukiman warga di beberapa desa di Kecamatan Jerowaru dan Pringgabaya di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, setelah hujan lebat seharian mengguyur wilayah itu.

"Banjir di Kecamatan Jerowaru itu akibat air laut pasang yang cukup tinggi dan banjir di Kecamatan Pringgabaya itu dampak luapan air sungai setelah intensitas hujan yang cukup panjang," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur Tony Satria Wibawa di Selong, Lombok Timur, Senin.

Baca juga: Asyik hujan-hujanan, bocah 3 tahun hilang hanyut di sungai Lombok Tengah

Menurut data BPBD, banjir menggenangi dua rumah warga di Dusun Tengak, Desa Jerowaru, Kecamatan Jerowaru; 60 rumah warga di Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya; dan tujuh rumah warga di Desa Kerumut, Kecamatan Pringgabaya.

Tony mengatakan bahwa sumbatan sampah pada saluran air memperparah dampak banjir di Desa Kerumut dan Desa Gunung Malang.

Namun, menurut dia, saat ini banjir sudah mulai surut dan warga mulai membersihkan lingkungan rumah.

"Petugas kita sedang membantu warga membersihkan lumpur di dalam rumah, termasuk memberikan bantuan kedaruratan," katanya.