Putra Daerah NTB pegang tongkat Kodim 1606/Mataram

id pelantikan dandim,dandim 1606/mataram,penyangga motogp

Putra Daerah NTB pegang tongkat Kodim 1606/Mataram

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani (tengah) bersama pejabat baru dan lama Dandim 1606/Mataram berfoto bersama usai pelantikan di Makorem 162/WB, Mataram, NTB, Senin (20/12/2021). (ANTARA/HO-Penrem 162/WB)

Mataram (ANTARA) - Putra Daerah asal Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Letnan Kolonel Artileri Medan Arif Rahman kini secara sah memegang tongkat Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram.

Kuasa tersebut disahkan oleh Komandan Resor Militer (Danrem) 162/Wira Bhakti Brigadir Jenderal TNI Ahmad Rizal Ramdhani dalam pelantikannya di Gedung Jenderal Sudirman, Markas Korem 162/Wira Bhakti, Mataram, Senin.

"Jadi ini (pelantikan pejabat baru) adalah bagian 'tour of duty' dan 'tour of area' para perwira TNI AD jajaran Korem 162," kata Brigjen Rizal.

Dalam kegiatannya yang digelar dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19 ini, Rizal memberikan apresiasi kepada pejabat lama, Kolonel Artileri Medan Gunawan atas dedikasi dan pengabdian selama bertugas.

Kepada pejabat baru, Rizal memberi atensi perihal wilayah teritori Kodim 1606/Mataram yang masuk di tiga kabupaten/kota, yakni Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Lombok Utara.

"Jadi perlu diingat kepada pejabat baru, Kodim Mataram ini memiliki nilai strategis," ujarnya.

Pasalnya, kata dia, tiga wilayah yang masuk dalam teritori Kodim 1606/Mataram, menjadi penyangga kawasan destinasi pariwisata super prioritas, yakni Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah.

"Karena sebagai daerah penunjang Mandalika, pengaruhnya (Kodim 1606/Mataram) sangat dominan pada pelaksanaan MotoGP nanti," ucap dia.

Dengan pemaparan demikian, Rizal memberikan amanah kepada pejabat baru agar melaksanakan tugas dengan mendukung program-program daerah dalam rangka menyukseskan rencana-rencana besar berkelas internasional secara penuh dan aktif.

Peran kolaborasi dandim dengan para pejabat kewilayahan lainnya juga dikatakannya akan sangat mempengaruhi dinamisasi di daerah.

"Saya pesankan, Dandim Mataram untuk lebih proaktif dan progresif dalam melaksanakan tugas serta tetap mengedepankan sikap humanis," ujarnya.