Dandim Mataram: pengalaman berbeda ketika pimpin upacara di lapas

id lapas mataram,upacara pembinaan kesadaran berbangsa,dandim 1606/mataram,wbp,wawasan kebangsaan,cinta tanah air

Dandim Mataram: pengalaman berbeda ketika pimpin upacara di lapas

Dandim 1606/Mataram Kolonel Arm Gunawan ketika memimpin upacara Pembinaan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Mataram, Lombok Barat, NTB, Rabu (29/9/2021). (ANTARA/Dhimas B.P.)

Lombok Barat (ANTARA) - Komandan Distrik Militer (Dandim) 1606/Mataram Kolonel Arm Gunawan mengungkapkan dirinya merasakan sebuah pengalaman berbeda ketika mendapat kesempatan memimpin upacara Pembinaan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Mataram, Nusa Tenggara Barat.

"Menjadi sesuatu yang berbeda ketika saya memimpin upacara para warga binaan di sini. Sekali pun belum pernah seperti ini, hadir dan langsung berinteraksi. Ini jadi pengalaman baru buat saya," kata Kolonel Arm Gunawan usai memimpin upacara Pembinaan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Rabu.

Dalam kesempatan itu pun, Gunawan mengucap syukur karena bisa bertemu dengan seluruh WBP termasuk petugas Lapas Kelas IIA Mataram.

Dia pun menjadikan momentum ini sebagai bentuk dukungan moril dari TNI dalam menumbuhkan kesadaran kepada seluruh WBP bahwa hukuman yang mereka jalani saat ini sebagai sebuah bentuk ketaatan warga terhadap hukum negara.

"Apa yang telah saya sampaikan tadi (sambutan upacara) juga mudah-mudahan bisa memberikan semangat mereka untuk tetap optimis dalam menjalani hukuman dan semoga ketika keluar dari lapas nantinya, mereka bisa menjadi insan lebih baik," ujarnya.

Dia pun mengingatkan kembali bahwa Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT) selalu membuka pintu tobat yang sebesar-besarnya kepada seluruh umatnya.

"Perlu diingat lagi, insan yang paling dicintai itu adalah dia yang berbuat salah dan mau bertobat," ucapnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham NTB Maliki yang turut hadir dalam upacara dengan didampingi Kepala Lapas Kelas IIA Mataram Ketut Akbar Herry Achjar beserta jajaran, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 1606/Mataram yang sudah berkenan memimpin upacara di lapas.

Dia pun menyampaikan bahwa upacara Pembinaan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ini merupakan kegiatan rutin di lapas.

"Bahkan kegiatan ini bukan hanya digelar di Lapas Kelas IIA Mataram saja, tetapi di seluruh lapas yang ada di wilayah NTB. Kegiatan ini digelar rutin dalam dua pekan sekali," kata Maliki.

Tujuannya, kata dia, untuk tetap menumbuhkan rasa cinta tanah air dan meningkatkan wawasan kebangsaan para warga binaan.

"Jadi walaupun mereka berstatus warga binaan yang telah dirampas haknya sehingga harus menjalani pidana di lapas, tetapi mereka tetap rakyat Indonesia yang harus kita tumbuh kembangkan rasa cinta terhadap tanah air," ujarnya.

Kegiatan upacara di tengah momentum ancaman penyebaran COVID-19 ini digelar dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Bahkan 100 persen WBP beserta petugas Lapas Kelas IIA Mataram juga telah mendapat vaksinasi COVID-19.