Bukit di Jalan Bypass Bandara-Mandalika dihijaukan

id Jalan bypass,penghijauan,MotoGP,NTB,Mandalika

Bukit di Jalan Bypass Bandara-Mandalika dihijaukan

Tangkapan layat gambar penataan jalan bypass Bandara Lombok -Mandalika di NTB. (FOTO ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Bukit-bukit yang ada di sepanjang jalan Bypass Bandara Lombok -Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat mulai dihijaukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjelang ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 18-20 bulan Maret 2022.

"Bukit yang tampak kering itu ke depan akan terlihat hijau setelah ditanami pohon," kata Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah di Praya, Selasa.

Selain dilakukan penghijaun di bukit-bukit tersebut, katanya, Kementerian PUPR juga akan melakukan penghijauan di sepanjang media jalan Bypass dengan ditanami rumput, pohon atau bunga.

"Jalan Bypass Mandalika ini akan mulai di tata, supaya lebih indah dan rapi," katanya.

Kementerian PUPR juga akan melakukan penghijauan di jalur lambat Bypass dengan melakukan penimbunan tanah dan penanaman rumput dengan membentuk clear zone untuk keamanan dan keselamatan jalan.

"Ini untuk memberikan keselamatan bagi pengendara yang akan berhenti untuk beristirahat atau lainnya ketika melintasi jalan Bypass tersebut," katanya.

"Standardisasi pengamanan aset dan proteksi lereng terhadap longsoran serta pembuatan saluran deraense beton sebagai batas ROW jalan," tambahnya.

Ia mengatakan penataan jalan Bypass tersebut ditargetkan tuntas sebelum ajang MotoGP Sirkuit Mandalika pada tanggal 18-20 bulan Maret 2022.

Penghijauan median jalan dan jalur lambat serta satu bukit ditargetkan tuntas sebelum motoGP,.

"Kita imbau masyarakat untuk sama-sama mendukung dan menjaga fasilitas umum yang telah dibangun," demikian Nursiah.




 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2022