Pemkab Lombok Tengah akan membuka pabrik air kemasan

id Lombok Tengah

Pemkab Lombok Tengah akan membuka pabrik air kemasan

Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri melakukan kunjungan kerja ke PDAM Buleleng, Bali. (ANTARA/HO-Humas Pemda Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat akan membuka pabrik air kemasan guna mendukung PDAM Tirta Ardhia Rinjani melakukan ekspansi bisnis.

"Untuk pengembangan bisnis plan produksi air kemasan, Perda PDAM harus berubah status dulu menjadi perusahaan umum daerah (perumda)," kata Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri dalam keterangan tertulisnya di Praya, Jumat.

Setelah menjadi perumda, katanya, PDAM tidak hanya bertugas melayani pelanggan air bersih tetapi juga harus mendapat profit.

"Di perda kita saat ini PDAM berkewajiban memberikan pelayanan dan tidak berorientasi pada keuntungan," katanya.

Ia juga menambahkan dengan adanya produk air kemasan ini semua masyarakat Lombok Tengah dapat menikmati produk itu.

"Dengan adanya air minum kemasan ini juga, harapannya seluruh masyarakat Lombok Tengah dapat menikmati airnya sendiri, saat ini hanya 25 persen masyarakat yang dapat menikmati layanan PDAM. Belum lagi nanti tamu-tamu yang datang ke Lombok Tengah tentu membutuhkan air minum juga," katanya.

Pelaksana Tugas Dirut PDAM Tirta Ardhia Rinjani Bambang Supratomo yang ikut serta dalam rombongan studi banding DPRD dan pemda ke PDAM Buleleng, Bali, menyampaikan syukur dan terima kasih kepada Komisi II DPRD dan Bupati Lombok Tengah yang telah meluangkan waktunya untuk mempelajari proses perubahan status dan produksi air kemasan.

"Saya sangat apresiasi bapak-bapak dewan kita di Komisi II dan Pak Bupati yang telah memberikan dukungan kepada PDAM Lombok Tengah. Dengan kegiatan studi banding ini, serta dukungan dari DPRD dan pemda saya semakin optimis untuk PDAM Tirta Ardhia Rinjani mampu mewujudkan rencana bisnis tersebut," katanya.

Ia juga berterima kasih kepada masyarakat Lombok Tengah, khususnya pelanggan PDAM, yang selalu membayar tagihan rekening air bersih secara tepat waktu.

"Cukup kami dibantu dengan disiplin membayar tagihan air, insyaallah dengan izin Allah PDAM Lombok Tengah akan semakin maju. Adapun kekurangan-kekurangan yang masih ada akan kami upayakan untuk ditingkatkan sehingga pelayanan PDAM semakin periksa," katanya.