NTB mengejar target Kota Layak Anak di 2022

id NTB,Kota Layak Anak

NTB mengejar target Kota Layak Anak di 2022

Asisten I Setda Pemerintah Provinsi NTB, Hj Baiq Eva Nurcahyaningsih. ANTARA/Nur Imansyah

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menargetkan seluruh kabupaten dan kota di wilayah itu bisa menjadi Kota Layak Anak di tahun 2022.

"Untuk pembentukan Kota Layak Anak akan terus kita kawal dan harapannya di tahun 2022/2023, seluruh kabupaten/kota di NTB dapat menjadi Kota Layak Anak dengan Kategori Terbaik," kata Asisten I Setda Pemerintah Provinsi NTB, Hj Baiq Eva Nurcahyaningsih di Mataram, Kamis.

Sejauh ini, kata Eva, terdapat lima kabupaten/kota di NTB yang telah berstatus menjadi Kota Layak Anak, yakni Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Dompu, Bima dan Kota Bima.

"Sedangkan UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak, sudah terbentuk di Lombok Barat, Lombok Timur, Sumbawa, Dompu, Bima dan Kota Bima," ujarnya.

Oleh sebab itu, ia meminta agar kerja sama antara DP3AP2KB se-NTB dan BAPPEDA se-NTB dapat dimaksimalkan agar seluruh kabupaten dan kota di NTB dapat menjadi Kota Layak Anak dan masing-masing memiliki UPTD PPA.

Oleh karena itu, kolaborasi dan sinergi antara semua pihak terkait sangat penting untuk menyelesaikan permasalahan perempuan dan anak.

"Kerja sama itu penting, Insya Allah melalui koordinasi dan sinergi program serta anggaran, permasalahan mengenai perempuan dan anak juga dapat kita selesaikan," katanya.

Dilansir dari Kemenpppa.go.id, Kota Layak Anak sendiri merupakan Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya.