Calon jamaah haji Kloter I Embarkasi Lombok mulai memasuki Asrama Haji

id Haji 2024,Asrama Haji NTB,Kota Mataram,NTB

Calon jamaah haji Kloter I Embarkasi Lombok mulai memasuki Asrama Haji

Para jamaan calon haji Kloter 1 Embarkasi Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjalani pemeriksaan mulai kesehatan, dokumen imigrasi, pemberian gelang hingga kunci kamar saat baru tiba di Asrama Haji NTB di Kota Mataram, Sabtu (11/5/2024). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 393 orang jamaah calon haji Kloter I Embarkasi Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai memasuki Asrama Haji NTB di Kota Mataram, Sabtu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB Zamroni Aziz mengatakan jamaah calon haji yang masuk dalam kloter I ini berasal dari Kota Mataram berjumlah 393 orang terdiri atas laki-laki 177 orang dan perempuan 208 orang, sehingga total 385 orang.

"Mereka ini didampingi delapan petugas kloter mulai tim pemandu haji Indonesia (TPHI), tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI), dokter, paramedis dan petugas haji daerah (PHD) sehingga totalnya menjadi 393 orang," ujarnya.

Para jamaah haji ini mulai tiba di Asrama Haji pada pukul 10:00 Wita yang di angkut menggunakan 10 unit bus. Begitu sampai di Asrama Haji, para jamaah langsung menjalani pemeriksaan kesehatan, penyelesaian dokumen imigrasi, pemberian living kost, pemberian gelang, pembagian kamar. Setelah itu memasuki kamar untuk istirahat.

Selama berada di Asrama Haji, para jamaah juga akan mendapatkan fasilitas makan, termasuk mendapatkan pengarahan dan bimbingan manasik oleh petugas.

Kemudian pada Minggu (12/5) pagi setelah menunaikan shalat subuh, para jamaah akan mengikuti prosesi pelepasan keberangkatan menuju Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) di Kabupaten Lombok Tengah pada pukul 07:30 Wita.

Kemudian pada pukul 09:30 Wita, seluruh jamaah haji diharapkan sudah tiba di Bizam. Untuk selanjutnya menaiki pesawat dan terbang menuju Bandara King Abdulaziz di Madinah, Arab Saudi.

"Jadi pukul 09:30 Wita sudah take off menuju Bandra King Abdul Aziz, Madinah," terang Syukri.

Ia menambahkan di kloter 1 ini jamaah tertua atas nama Mahruf Tike dengan usia 88 tajun warga Kebun Bawak Barat, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram.

Sementara jamaah haji termuda atas nama Zarin Al Gifari berusia 26 tahun warga Lingkungan Pelembak Kecamatan Ampenan Kota Mataram.

"Sedangkan jamaah lansia 68 orang atau 17,5 persen yang terdiri atas laki-laki 33 orang dan perempuan sebanyak 35 orang," katanya.

Untuk tahun ini total jamaah calon haji asal NTB yang akan berangkat menuju Tanah Suci Mekkah sebanyak 4.848 orang termasuk pendamping di dalamnya. Jumlah ini terdiri atas 13 kloter dan terbagi dalam dua gelombang pemberangkatan.

Untuk kloter pertama masuk Asrama Haji tanggal 11 Mei dan berangkat pada tanggal 12 Mei 2024. Sedangkan kloter 13 masuk Asrama Haji pada 27 Mei dan berangkat pada 28 Mei 2024.