Harga cabai rawit tembus Rp80 ribu per kilogram

id Cabai Rawit,Mataram

Harga cabai rawit tembus Rp80 ribu per kilogram

Harga cabai rawit di Kota Mataram menembus angka Rp50 ribu sampai Rp80 ribu per kilogram, akibat minimnya pasokan dari petani.

Mataram (ANTARA) - Harga cabai rawit di Kota Mataram menembus angka Rp50 ribu sampai Rp80 ribu per kilogram, akibat minimnya pasokan dari petani.

Padahal harga normal di kisaran antara Rp15 ribu sampai Rp30 ribu per kilogram. Kenaikan ini telah berlangsung sejak sepekan terakhir.

Dari pantauan Antara di Pasar Cakranegara dan Pasar Kebon Roek, Rabu, stok cabai rawit di lapak pedagang berkurang drastis. 

Hairani, pedagang cabai rawit Pasar Cakranegara  mengaku harga setiap harinya mengalami kenaikan. “Pengaruh cuaca yang tidak mendukung juga menjadi salah satu sebabnya,” ujarnya.

"Melonjaknya harga membuat pembeli tidak berani membeli perkilo melainkan seperempat kilo saja,”  kata Nirim, penjual di Pasar Kebun Roek.

Sementara itu, minah, salah satu pembeli mengatakan tingginya harga cabai tersebut cukup menyulitkan masyarakat dan berharap  supaya harga cabai cepat normal seperti  biasa, karena cabai merupakan salah satu kebutuhan pokok.

“Sedikitnya pasokan cabai disebabkan oleh banyaknya pengiriman keluar daerah dan harga pupuk yang mahal membuat harga cabai naik,” ujar H Dahlan, petani sekaligus pedagang di Pasar Kebun Roek.

Dikatakan, harga cabai di Lombok Timur lebih murah dibanding dengan harga di Kota Mataram.