DPRD: Sarana penunjang MXGP Sumbawa mulai dipersiapkan

id MXGP,Sumbawa Oleh Akhyar Rosidi

DPRD: Sarana penunjang MXGP Sumbawa mulai dipersiapkan

Wakil Ketua DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat, Mori Hanapi

Mataram (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat, Mori Hanapi mengatakan, sarana penunjang penyelenggaraan kejuaraan Motorcroos (MXGP) pada Juni 2022 di Kabupaten Sumbawa telah mulai dipersiapkan.

"Infrastruktur penunjang MXGP telah mulai direncanakan," kata Mori Hanapi saat acara konferensi pers pada acara Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Mataram, Senin. 

Salah satu sarana penunjang yang akan dipercepat saat ini adalah penambahan ketebalan runway dan perpanjangan runway di Bandara Kabupaten Sumbawa. Hal itu dilakukan supaya pesawat besar yang bermuatan logistik MXGP bisa mendarat dengan baik.

"Itu salah satu sarana penunjang yang akan dipersiapkan dalam mendukung MXGP itu," katanya. 

Selain itu, Pemerintah Provinsi NTB telah menyiapkan anggaran pendamping untuk mendukung dan mensuksekan ajang balap motor croos yang pertama kali digelar di Indonesia.

"Anggaran pendamping telah disiapkan," katanya. 

Disinggung untuk kesiapan lokasi lintasan Sirkuit MXGP itu, Ketua KONI NTB itu juga mengatakan, untuk proses pembangunan lintasan Sirkuit MXGP itu saat ini masih dalam proses. Beberapa persoalan masalah lahan sedang diselesaikan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi NTB. 

"Persoalan lahan sedang dituntaskan," katanya. 

Menurutnya, MXGP ini merupakan ajang bertaraf Internasional, sehingga membutuhkan kajian dari berbagai pihak yang memiliki kewenangan dalam penyelenggara tersebut. 

Sehingga pemerintah saat ini telah melakukan persiapan, supaya kejuaraan Internasional tersebut bisa berjalan dengan sukses seperti ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika, meskipun masih ada kendala dalam persoalan akomodasi. 

"Ini balap motor kelas Internasional, menbutuhkan kajian, semoga saja bisa terlaksana," katanya. 

Sementara itu, salah satu warga Kabupaten Dompu, M Yani mengatakan, meskipun Sirkuit kejuaraan motor cross tersebut belum dibangun, beberapa bendera negara pebalap MXGP telah mulai berkibar di lokasi pembangunan Sirkuit. 

"Ada 20 bendera negara pebalap MXGP yang telah terpasang," katanya.