Polda NTB giatkan patroli untuk pastikan kamtibmas Ramadhan kondusif

id patroli ramadhan,jaga kamtibmas

Polda NTB giatkan patroli untuk pastikan kamtibmas Ramadhan kondusif

Petugas kepolisian melaksanakan patroli dialogis dengan berkomunikasi dengan seorang pengatur parkir kendaraan di Jalan Panji Tilar, Mataram, NTB, Kamis (7/4/2022). (ANTARA/HO-Polda NTB)

Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat menggiatkan patroli lapangan untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di bulan Ramadhan 1443 Hijriah berjalan kondusif.

"Jadi, patroli yang kami giatkan ini tidak kemudian mengesampingkan kegiatan rutin (pengamanan) yang ada," kata Direktur Samapta Polda NTB Komisaris Besar Polisi Frido Situmorang dalam keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Kamis.

Frido menjelaskan, giat patroli lapangan di bulan Ramadhan ini dilaksanakan Direktorat Samapta Polda NTB berdasarkan surat perintah Nomor: SPRIN/147/IV/PAM.3.3./2022, tertanggal 5 April 2022.

Patroli ini pun dikatakannya bagian dari kegiatan rutin kepolisian yang ditingkatkan. Hal itu mengacu pada Peraturan Kapolri Nomor 1/2019 tentang Sistem, Manajemen dan Standar Keberhasilan Operasional Polri.

dalam pelaksanaannya, Personel Direktorat Samapta Polda NTB menerapkan pola tugas yang menyesuaikan situasi dan aktivitas masyarakat.

Seperti patroli menjelang buka puasa. Menurutnya, aktivitas masyarakat meningkat. Demikian juga ketika shalat tarawih hingga menjelang sahur.

"Jadi penerapan ini diimbangi dengan manajemen personel dan kebutuhan situasi di lapangan," ucapnya.

Untuk kegiatan yang dilakukan dalam patroli ini, antara lain, memberikan imbauan kepada para pengguna jalan. Hal tersebut, jelasnya, guna mencegah gangguan kamtibmas maupun tindak kriminalitas.

Begitu juga menyambangi kawasan perumahan dengan melakukan patroli dialogis kepada warga maupun petugas satuan pengamanan setempat.

Atensi patroli juga difokuskan kepada aktivitas masyarakat, khususnya anak muda pada malam hari yang tentunya memicu gangguan kamtibmas, seperti balap liar dan bermain bola di jalan raya.

"Yang kumpul-kumpul pinggir jalan juga kita sambangi," katanya.

Lebih lanjut, Frido menyampaikan pesan kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut bekerja sama menjaga situasi bulan Ramadhan ini agar tetap kondusif.

"Mari kita laksanakan ibadah puasa ini dengan mengisi waktu luang dengan ibadah, sehingga dapat mendapat meningkatkan pahala pelaksanaan ibadahnya," ujar dia.