PENGAMAT : HATTA RAJASA LAYAK DIGANTI

id

     Pekanbaru (ANTARA) - Pengamat bidang perekonomian dari Universitas Riau (UR) Drs Restu MSi merekomendasikan Kementrian Perekonomian untuk masuk dalam daftar reshuffle termasuk Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa.

     "Sejauh ini belum ada kontribusi maksimal untuk Riau. Perekonomian di tanah air khususnya Riau sendiri juga cendrung tidak stabil, selain itu banyak infrastruktur terutama jalan-jalan di Riau yang mengalami kerusakan parah dan cukup parah," kata Restu di Pekanbaru, Kamis.

     Infrastruktur jalan yang saat ini menjadi sorotan nasional yakni jalur penghubung antara Kota Dumai dan Pekanbaru. Badan jalan yang diperkirakan sebanjang 188 kilometer itu sampai saat ini masih mengalami kerusakan parah dan cukup parah, terlebih di seputaran wilayah Kota Dumai.

     Selain itu, kata dia, jumlah penduduk miskin yang disulut oleh rendahnya mutu pendidikan di Riau juga masih sangat tinggi, bahkan setiap tahunnya cenderung mengalami peningkatan walau tidak begitu signifikan.

     Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau kata Restu juga menunjukkan bahwa jumlah dan persentase penduduk miskin Riau pada bulan Maret 2011 mencapai 485.050 jiwa atau sekitar 8,47 persen dari total jumlah penduduk di Riau.

     "Jumlah tersebut memang sempat dikabarkan berkurang dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya. Namun pada kenyataannya, bursa kerja yang ada di Riau tetap saja tida seimbang dengan jumlah pengangguran yang ada di Riau," katanya. (*)