Pemprov NTB ingatkan jamaah calon haji jaga kesehatan di Tanah Suci

id NTB,CJH,Haji,Pemprov NTB

Pemprov NTB ingatkan jamaah calon haji jaga kesehatan di Tanah Suci

Sekda NTB Lalu Gita Ariadi bersalaman pada acara pelepasan JCH dari unsur ASN Pemprov NTB di Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB di Mataram, Jumat (10/6/2022). (ANTARA/HO-Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengingatkan jamaah calon haji menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

"Disamping perjalanan spiritual, ibadah haji ini merupakan perjalanan fisik yang harus dipersiapkan kesehatan secara prima," ujar Sekretaris Daerah NTB Lalu Gita Ariadi di Mataram, Jumat, saat melepas JCH dari unsur ASN Pemprov NTB di Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB.

Ia mengatakan perjalanan umat untuk ibadah haji ini merupakan penantian panjang setelah dua tahun ditunda karena COVID-19. "Alhamdulillah, hari ini kami melepas para JCH untuk memenuhi panggilan Allah. Semoga mendapatkan predikat haji yang mabrur," kata Miq Gita, sapaan akrabnya.

Ia mengharapkan seluruh JCH diberikan kesehatan sehingga bisa melaksanakan rangkaian haji dengan baik serta kembali ke kampung halaman dalam keadaan sehat walafiat. "Selain doa terbaik diperuntukkan oleh jamaah calon haji, agar didoakan daerah NTB semoga selalu dalam keadaan aman damai dan berkah," katanya.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian NTB Zaidi Abdad mengatakan JCH kloter pertama mulai masuk Asrama Haji Kota Mataram pada 19 Juni dan berangkat ke Tanah Suci pada 20 Juni 2022.

"Masuk Asrama Haji mulai 19 Juni. Diawali dari Kota Mataram pada 20 Juni," ujarnya.

Saat ini, pihaknya sedang memastikan seluruh persiapan ibadah haji berjalan dengan lancar. Bahkan persiapan keberangkatan sudah hampir final. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemprov NTB, termasuk membahas masalah keamanan hingga saat melaksanakan haji di Tanah Suci.

Baca juga: BSI siap layani lebih 80 persen jamaah calon haji Indonesia
Baca juga: Jamaah haji mengucap syukur tiba di Tanah Suci


"Kita juga sudah melakukan bimbingan teknis kepada petugas jemaah haji," katanya. Ia berharap, pelayanan kepada JCH selama berada di asrama haji hingga setelah di Arab Saudi berjalan optimal, termasuk untuk pelayanan vaksinasi kepada seluruh jamaah.

"Untuk vaksin kita minta semua JCH segera vaksin, khusus bagi yang belum," katanya.

Kuota JCH NTB sebanyak 2.054 orang yang akan diberangkatkan pada 20 Juni 2022. Jamaah calon haji tergabung dalam enam kelompok terbang (kloter). Sebanyak lima kloter lainnya menyusul terbang pada tanggal 21 Juni, 23 Juni, 24 Juni, 25 Juni, dan 27 Juni. Khusus untuk kloter enam Lombok yang berisi 109 calon haji akan diikuti jamaah dari kloter Jakarta-Pondok Gede (JKG).