Assesor UNESCO ke Sulsel terkait penilaian Geopark Maros

id UNESCO,Geopark Maros-Pangkep

Assesor UNESCO ke Sulsel terkait penilaian Geopark Maros

Temu wartawan terkait rencana kedatangan Assesor UNESCO untuk penilaian Geopark Maros-Pangkep menuju warisan dunia di Makassar, Jumat (10/06/2022). ANTARA/Nur Suhra Wardyah

Makassar (ANTARA) - Assesor dari UNESCO dijadwalkan akan menyambangi Pulau Layya dan Pulau Panambungang di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) dalam rangka penilaian Geopark Maros-Pangkep Sulawesi Selatan.

GM Badan Pengelola Geopark Maros-Pangkep Dedy Irfan pada temu wartawan di Makassar, Jumat  (10/6) mengatakan, Assesor UNESCO akan tiba di Makassar pada 14 Juni dan mengunjungi sejumlah spot yang menjadi titik penilaian Geopark UNESCO.

Dua pulau ini dipilih bukan tanpa alasan, seperti Pulau Layya merupakan wilayah pendaratan penyu yang dilindungi habitatnya. Kemudian terdapat "ekor" pulau yang tampak hamparan pasir putih dan punya daya tarik tersendiri.

Baca juga: Wagub NTB menilai keindahan kawasan Tambora tak kalah seperti Eropa

Hadirnya kawasan laut sebagai bagian dari Geopark Maros-Pangkep menjadi keunggulan tersendiri kawasan ini dan dinilai memiliki nilai internasional, sebab proses pembentukan pulau yang terjadi di laut itulah yang mencerminkan bagaimana yang ada di darat.