Ketum FFI inginkan transformasi futsal seperti sepak bola

id futsal indonesia, federasi futsal indonesia, ffi, transformasi futsal, ketua baru ffi, michael victor sianipar

Ketum FFI inginkan transformasi futsal seperti sepak bola

Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Michael Victor Sianipar yang baru terpilih untuk periode 2024 - 2028 menjawab pertanyaan awak media setelah kongres luar biasa FFI di Jakarta, Kamis (3/10/2024). (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Michael Victor Sianipar menginginkan agar FFI yang dipimpinnya melakukan transformasi olahraga futsal Indonesia seperti yang dilakukan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terhadap sepak bola Indonesia.

"Tentu kami sangat kagum dan mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Pak Erick Thohir lakukan di PSSI dengan prestasi timnas kita yang sangat membanggakan," ujar Michael Victor Sianipar kepada awak media di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, dirinya bersama pengurus baru FFI periode 2024 - 2028 sebagai tim yang menjalankan futsal Indonesia ingin memastikan agar FFI bisa sejalan dengan transformasi yang dilakukan PSSI yang menaungi FFI.

Oleh sebab itu, pihaknya akan segera bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk menyampaikan rencana program yang telah dirancang.

"Kami ingin mendapat petunjuk dan arahan juga dari beliau (Erick Thohir), dari kaca mata PSSI," ujarnya.

Baca juga: Michael Victor Sianipar menjadi Ketum FFI periode 2024 - 2028

Michael menyebutkan salah satu program yang akan dikonsultasikan yaitu bidding untuk menjadi tuan rumah kejuaraan Piala Futsal Asia 2025 untuk putri dan Piala Futsal Asia 2026 untuk putra.

Berkas untuk bidding, kata dia, sudah diajukan melalui PSSI sehingga FFI akan turut mengawal bersama-sama agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan membahas pembenahan organisasi FFI serta rencana ke depan terkait statuta FFI yang memerlukan pembaharuan.

"Ini juga perlu petunjuk dari PSSI sebagai induk organisasi kami. Jadi ada banyak hal yang kami ingin bicarakan dengan Pak Erick Thohir," katanya.

Baca juga: Marcos Aurelio ditunjuk menjadi pelatih timnas futsal Indonesia

Lebih lanjut, Michael mengatakan pihaknya juga telah menerima masukan dari ketua umum FFI sebelumnya Hary Tanoesoedibjo agar ada kesinambungan program dengan yang selama ini berjalan.

"Jadi kami bisa membangun futsal di atas pondasi yang baik dan bisa dikembangkan lebih jauh lagi," ujarnya.

Michael mengapresiasi dedikasi dan kerja keras Hary Tanoesoedibjo untuk mengangkat prestasi futsal Indonesia sehingga pihaknya juga meminta Hary agar menjadi Ketua Dewan Pembina FFI.