Berhadiah ratusan juta rupiah, Lomba Cipta Lagu Dangdut digelar kembali

id Dangdut,Lomba Cipta Lagu Dangdut,LCLD,2022

Berhadiah ratusan juta rupiah, Lomba Cipta Lagu Dangdut digelar kembali

Istimewa

berhadiah total ratusan juta rupiah
Mataram (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (DPP PAMMI) kembali mengajak masyarakat luas untuk mengikuti ajang bergengsi Lomba Cipta Lagu Dangdut (LCLD).

“Tahun 2022 ini, kami bersyukur LCLD V Tingkat Nasional dapat kembali digelar. Kami tertantang untuk memberikan wadah untuk berkarya bagi pencipta lagu, seniman musik, dan masyarakat luas,” ungkap Cici Faramida, Ketua Pelaksana LCLD V melalui siaran persnya, Selasa (14/6). 

Sebagai persyaratan, masyarakat dapat mengirimkan materi lagu dalam bentuk MP3 yang diiringi hanya dengan satu alat musik yang dapat dipilih yaitu gitar, piano, gendang, biola atau alat musik lainnya. 

Materi lagu merupakan hasil karyasendiri, peserta tidak diperkenankan menyadur atau plagiasi dari karya oranglain dan tentu saja tidak boleh mengandung unsur SARA. “Lirik lagu berbahasa Indonesia dan jikapun memiliki kandungan bahasa lainnya, kami membatasi hanya 10 persen saja dengan maksimal durasi 3 menit," katanya.

Pelantun tembang Wulan Merindu ini menambahkan tema lagu yang diperbolehkan adalah Cinta, Sosial Budaya dan Pariwisata, Kemanusiaan, Kebangsaan dan Perdamaian, dan Religi. 

LCLD 5 yang berhadiah total ratusan juta rupiah ini akan menggandeng beberapa pedangdut senior dan tokoh musik dangdut sebagai dewan juri. Di
antaranya, Rhoma Irama, Ikke Nurjanah, Rita Sugiarto, Hendro Saky, H Ukat S, H Mansyur S, dan dari pihak akademisi. 

Pendaftaran lomba ini tidak dipungut biaya dan dimulai pada 13 Juni hingga 13Juli 2022, peserta dapat menyampaikan materi lagunya secara online dengan cara mengklik tautan pada akun Instagram @dpppammi. 

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada September 2022. 

“Kami melarang panitia lomba ikut berpartisipasi. Dan, keputusan juri yang dihasilkan nantinya bersifat obyektif. Tidak ada kepentingan apapun,” kata Cici. 
Ia meyakini LCLD 5 Nasional ini mampu melahirkan pencipta lagu dan karya-karya yang berkualitas. 

Lomba yang telah melahirkan lagu-lagu dangdut populer ini pertama kali diadakan pada 1979 sebagai cikal bakal lomba tingkat nasional. Pada gelaran pertama ini, lagu ciptaan Junaedy Sam berjudul Tak Berdaya terpilih sebagai juara pertama. Lagu ini diaransemen oleh Soneta dan dipopulerkan Rhoma Irama, disusul lagu Cemburu Buta ciptaan Ottip Marissa yang dipopulerkan oleh Rita Sugiarto.