Ternak di lingkar Mandalika disuntikkan vaksin PMK

id Vaksin ,PMK,Lombok Tengah

Ternak di lingkar Mandalika disuntikkan vaksin PMK

Petugas saat melakukan vaksinasi PMK di wilayah lingkar Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Istimewa)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Ratusan ternak sapi dan kerbau di lingkar kawasan Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat disuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kapolsek Kawasan Mandalika, AKP I Made Dimas Widyantara dalam keterangan tertulisnya di Praya, Selasa mengatakan, anggota telah melakukan pendampingan pelaksanaan pemberian vaksin AFTOPOR oleh petugas vaksinator Kecamatan Pujut dalam upaya penanggulangan PMK di Desa Persiapan Nandus, Kecamatan Pujut.

"Sebanyak 200 ternak telah diberikan vaksin PMK dari jumlah populasi yang terdata sebanyak 1.200 ekor," katanya. 

Dalam kegiatan vaksin PMK petugas vaksin dibagi menjadi dua tim untuk mempercepat capaian vaksinasi di Lombok Tengah. Mekanisme pendistribusian vaksin dilakukan dengan mendatangi setiap kandang milik warga yang ada di Desa Persiapan Nandus.

"Bagi ternak sapi yang sudah divaksin diberikan kalung nomor setelah dilakukan penyuntikan vaksin," katanya. 

Kategori Sapi yang yang diberikan vaksin yaitu sapi yang sehat dan belum pernah terinfeksi virus PMK dan sudah berumur 3 bulan ke atas. Sedangkan pada Sapi yang sedang bunting umur 1 sampai 4 bulan di tunda terlebih dahulu penyuntikan vaksin karena masih tahap pantauan. Sedangkan pada Sapi yang sudah terinveksi virus dan sudah sembuh, maka pemberian vaksin diberikan pada bulan ke 3 terhitung sejak dinyatakan sembuh.  

"Rencana kegiatan pendampingan pemberian vaksin AFTOPOR di Wilayah Kecamatan Pujut akan di laksanakan pada hari berikutnya," katanya.

Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat mencatat total capaian vaksinasi penyakit mulut dan kuku hingga saat ini sebanyak 4712 dosis baik untuk ternak Sapi, Kerbau dan Kambing. 

"Capaian itu dari total 5000 dosis vaksin PMK yang telah diberikan," kata Kepala Dinas Pertanian Lombok Tengah, Taufikurahman di Praya.

Ia mengatakan, untuk tambahan vaksin tahap selanjutnya sebanyak 5000 dosis telah diberikan, sehingga total vaksin PMK yang telah diberikan pemerintah Provinsi NTB sebanyak 10500 dosis. Sedangkan untuk target vaksinasi PMK di Lombok Tengah itu sebanyak 184 ribu ekor ternak Sapi dan Kerbau. 

"Vaksinasi ini dilakukan secara bertahap," katanya.