Cakranegara Utara Mataram berhasil jadi kelurahan bersih dari narkoba

id cakranegara,penghargaan, BNN

Cakranegara Utara Mataram berhasil jadi kelurahan bersih dari narkoba

Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Cakrnanegara Utara Kota Mataram Lalu Heru Nuryadin. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Kelurahan Cakranegara Utara Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, berhasil menjadi sebuah kelurahan bersih dari narkoba (Bersinar), kendati kelurahan itu dikepung oleh lingkungan yang ditetapkan sebagai zona merah narkoba.

Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Cakranegara Utara Kota Mataram Lalu Heru Nuryadin di Mataram, Rabu, mengatakan, meskipun kelurahan Cakranegara Utara dikepung beberapa lingkungan zona merah narkoba, tapi kelurahan ini berhasil ditetapkan sebagai kelurahan "Bersinar" atau bersih dari narkoba.

"Kami bahkan sudah mendapatkan penghargaan dari Kepala BNN RI, karena aktif melaksanakan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN)," katanya.

Penghargaan itu diterima pada 15 September 2022, saat pelaksanaan Apel Besar di Mapolda NTB. Di NTB, hanya ada dua kelurahan/desa yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut.

"Selain Kelurahan Cakranegara Utara, Desa Bengkel Kabupaten Lombok Barat juga dapat penghargaan serupa," katanya.

Menurut Heru, Kelurahan Cakranegara Utara berhasil meraih penghargaan itu karena aparat kelurahan bersama masyarakat aktif melakukan program P4GN. 

Pemuda-pemuda yang belum kena dan di pengaruhi narkoba oleh lingkungan sekitar, dilindungi dengan berbagai program sosialisasi dan edukasi serta aktif melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.    

"Kader posyandu, relawan, dan kelompok dari intervensi berbasis masyarakat (IBM) aktif melakukan upaya-upaya pencegahan peredaran narkoba," katanya.

Sementara, apabila ada masyarakat yang sudah terkena pengaruh narkoba, akan dilakukan pendekatan dan pembinaan agar mereka mau direhabilitasi secara mandiri.

"Peran aktif kami inilah yang disambut baik oleh BNN RI sehingga kita diberikan penghargaan," katanya.

Atas keberhasilan itu juga, Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mendapat penghargaan dari BNN RI sebagai kota tanggap dalam upaya pencegahan narkoba pada Jumat (16/9-2022) di Autorium Universitas Mataram (Unram).

"Harapan kita, penghargaan itu bisa menjadi cabuk bagi kami untuk terus meningkatkan upaya pencegahan narkoba, dan program Kelurahan Bersinar bisa diduplikasi pada kelurahan-kelurahan lainnya di kota ini," katanya.