Program Pamsimas Kementerian PUPR di Lombok Tengah rampung

id Pamsimas di Lombok Tengah ,Bupati Lombok Tengah

Program Pamsimas Kementerian PUPR di Lombok Tengah rampung

Acara serah terima program pamsimas dari Kementerian PUPR Republik Indonesia di kantor Bupati Lombok Tengah, NTB, Jumat (20/1/2023) (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Program penyediaan air minum berbasis masyarakat (Pamsimas) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dipusatkan di lima desa di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat telah rampung dikerjakan.

"Program ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih kepada masyarakat," kata Kepala BPPW NTB Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI, Ika Sri Rejeki pada acara serah terima pekerjaan kegiatan Pamsimas di Kantor Bupati Lombok Tengah di Praya, Jumat.

Lima Desa yang mendapatkan program pamsimas ini diantaranya Desa Batutulis Kecamatan Jonggat, Desa Montong Sapah Kecamatan Praya Barat Daya, Desa Semoyang dan Desa Sengkerang Kecamatan Praya Timur dan Desa Truwai Kecamatan Pujut.

"Desa yang mendapatkan program ini dibangunkan mulai dari sumur bor, menara air, jaringan perpipaan dan lainnya," katanya.

Untuk anggaran 2022 di Lombok Tengah ada lima desa yang mendapatkan program pamsimas, bentuk programnya berupa penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

“Jadi kita berikan bantuan dalam hal pelayanan penyediaan air bersih, sehingga untuk pemenuhan air bersih masyarakat maka sumber air bakunya kita buatkan sumur bor, kalau ada mata air maka kita berikan dalam bentuk perpipaan,” katanya.

Ia mengatakan, masing- masing Desa yang mendapatkan program pamsimas ini anggarannya mencapai Rp400 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Ada kriteria desa yang bisa diusulkan yakni Desa yang tidak dilayani oleh PDAM dan memang kekurangan air bersih," katanya.

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri mengapresiasi berbagai perhatian pemerintah pusat yang diberikan, karena memang di beberapa desa tidak jarang permasalahan air bersih ini selalu menjadi keluhan.

Sehingga dengan adanya pamsimas ini ke depan diharapkan ketersediaan air bersih bagi masyarakat bisa terpenuhi.

“Keberadaan pamsimas ini kita harapkan agar tetap dijaga," katanya.