DCF gandeng JFF gelar operasi katarak gratis

id newmnt katarak gratis

DCF gandeng JFF  gelar operasi katarak gratis

Operasi katarak gratis yang digelar PT Newmont Nusa Tenggara bekerja sama dengan Doctor Children Fund (DCF) Batu Hijau dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa serta tim dokter ahli bedah mata dari John Fawcett Foundation (JFF) di Sumbawa Besar, Kamis (31/

Untuk operasi Katarak tahun ini dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Alas dan Buir, targetnya lebih dari 60 orang penderita katarak akan dioperasi"
Mataram, (Antara Mataram) - Doctor Children Fund (DCF) Batu Hijau dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa menggandeng  tim dokter ahli bedah mata dari John Fawcett Foundation  (JFF) kembali menggelar operasi katarak gratis untuk masyarakat kurang mampu di Kabupaten Sumbawa.

Ketua DCF Batu Hijau Wawan Syafwanuddin di Sumbawa Besar, Kamis, mengatakan, operasi katarak untuk masyarakat di Kabupaten Sumbawa tersebut dilaksanakan 28 hingga 31 Oktober 2013.

"Untuk operasi Katarak tahun ini dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Alas dan Buir, targetnya lebih dari 60 orang penderita katarak akan dioperasi," katanya.

Ia mengatakan, sejak program operasi katarak ini dilakukan tahun 2010, ada sekitar 400 orang penderita katarak di Kabupaten Sumbawa Barat dan Sumbawa yang telah berhasil dioperasi.

Menurut Wawan, operasi katarak telah dilaksanakan selama dua tahun, 2012 dan 2013, dan dilaksanakan gratis termasuk untuk tindakan pengobatannya.

Pasien operasi adalah warga kurang mampu dari Kecamatan Alas dan Kecamatan Buir, Kabupaten Sumbawa. Ada 2.681 orang yang telah melakukan "test screening", namun dari jumlah tersebut hanya 150 orang yang membutuhkan operasi.

Wawan mengatakan, pada kegiatan amal yang berlangsung selama empat hari, DCF dan JFF juga memberikan 1.500 kaca mata dan 1.200 obat tetes mata.

"Kegiatan ini adalah wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial, karyawan dan kontraktor PTNNT untuk mendukung program pemerintah di bidang kesehatan," kata Wawan.

Operasi karatak tersebut melibatkan 21 orang paramedis dan staf termasuk satu orang dokter ahli bedah mata.

DCF dibentuk pada 1999, yang anggotanya karyawan PTNNT, keluarga karyawan dan subkontraktor yang bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu agar bisa memperoleh pelayanan kesehatan terutama bantuan kesehatan bagi anak-anak.

Selain program operasi katarak, bibir sumbing, operasi konstruksi wajah, DCF juga memberikan bantuan sosial kepada beberapa panti asuhan di Sumbawa Besar.

Kegiatan amal yang dikenal dengan nama "Fireman Balls" itu dibiayai dengan dana yang dikumpulkan oleh DCF, biasa dilakukan melalui lelang barang yang diadakan setiap tahun

John Fawcett Foundation adalah sebuah yayasan yang bermitra dengan Yayasan Kemitraan Indonesia untuk membantu keluarga tidak mampu atau miskin yang mempunyai masalah medis. (*)