Wakasal sediakan ruang pamer UMKM Jembrana

id Pemkab jemrana, umkm, sentra tenun, wakasal, tni al

Wakasal sediakan ruang pamer UMKM Jembrana

Wakasal Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono bersama Bupati Jembrana I Nengah Tamba melihat sepatu dari bahan kain endek di sentra tenun Jembrana. ANTARA/Gembong Ismadi

Jembrana (ANTARA) - Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono mengatakan pihaknya akan menyediakan ruang pameran bagi produk UMKM Kabupaten Jembrana, Bali, dalam kegiatan institusi militer tersebut.

"Kami ada kegiatan pameran di Jakarta. Dalam event itu, produk UMKM Jembrana khususnya tenun bisa mengikuti pameran," kata Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono saat mengunjungi sentra tenun di Negara, Kabupaten Jembrana, Selasa.

Kunjungannya ke sentra tenun Jembrana itu dilakukan dalam rangkaian kunjungan kerja ke INAP 2 di Desa Pengambengan, yang merupakan budidaya udang berbasis teknologi hasil kerja sama TNI AL, Pemkab Jembrana dan pihak swasta. Gedung sentra tenun yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Negara ini menampung berbagai produk UMKM seperti kerajinan tenun kain endek yang dikreasi menjadi sepatu, tas dan baju, camilan khas Kabupaten Jembrana.

Pada kesempatan itu setelah melihat berbagai produk UMKM di sentra tenun, Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono mengungkapkan bahwa sentra tenun itu itu merupakan ide cemerlang dari Pemkab Jembrana. "Dengan dibuatkan sentra seperti ini, selain mempermudah pengunjung, juga merupakan wadah yang representatif untuk perajin-perajin dan pengusaha UMKM di Kabupaten Jembrana,” kata dia.

Baca juga: Pemprov Babel apresiasi pemberdayaan masyarakat pesisir
Baca juga: Hilirisasi perikanan perlu diperkuat dengan investasi


Menurutnya, dengan adanya gerai permanen tersebut, akan sangat membantu promosi dan pemasaran produk UMKM. Karena itu, Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono mengungkapkan pihaknya ingin berkolaborasi dengan Pemkab Jembrana dalam pameran yang diselenggarakan TNI Angkatan Laut untuk membantu mengangkat potensi produk kerajinan UMKM Jembrana.

"Dengan mengikuti pameran yang kami selenggarakan, produk UMKM asal Jembrana akan dikenal lebih luas," tambah Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono. Sementara itu Bupati Jembrana I Nengah Tamba menjelaskan sentra tenun memang menjadi objek kunjungan sejumlah pejabat dari pusat maupun daerah lainnya.

Menurutnya, dengan kunjungan dari pejabat serta tawaran mengikuti pameran di Jakarta, akan dapat membantu mempercepat pertumbuhan UMKM di Kabupaten Jembrana. "Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu juga berkunjung ke sentra tenun. Kunjungan Wakasal ini tentu menambah motivasi kami, agar UMKM di Jembrana bertambah maju," kata dia.