Parade kesenian dan tumpeng warnai peluncuran Borobudur Marathon 2023

id borobudur marathon, peluncuran

Parade kesenian dan tumpeng warnai peluncuran Borobudur Marathon 2023

Salah satu kesenian tradisional mengikuti parade kesenian pada peluncuran Borobudur Marathon 2023 di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. ANTARA/Heru Suyitno

Magelang (ANTARA) - Parade kesenian dan tumpeng mewarnai peluncuran Borobudur Marathon (Bomar) 2023 di kawasan Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu malam. Parade kesenian dilakukan oleh para pelajar dari 24 sekolah dan sejumlah tumpeng dari 10 desa di kawasan Borobudur.

Barisan parade diawali dengan pasukan bregodo, karnaval kostum, dan musik serta tari tradisional. Sejumlah warga desa juga ikut berpartisipasi dalam memeriahkan barisan parade dengan membawa nasi tumpeng.

Borobudur Marathon Menyapa Magelang menjadi gelaran pembuka dari rangkaian Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng dengan tujuan menyapa masyarakat Magelang dan pelari sekaligus berbagi semangat "Voice Of Unity" sebagai tema untuk menyuarakan semangat persatuan, suara positif untuk saling menginspirasi dan membangun persatuan.

Hadir dalam peluncuran Bomar 2023, antara lain panitia Bomar Budiman Tanuredjo, Direktur Utama Bank Jateng Bapak Supriyatno, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Bomar yang akan dilaksanakan pada 19 November 2023 tersebut ditargetkan 10.000 pelari ambil bagian dalam kegiatan tahunan tersebut. "Bomar akan kita mulai gerakan lagi, kurang lebih 10 ribu peserta diharapkan ikut berlari dengan tema "Voice of Unity" harapan kami lari juga menjadi bagian dari persatuan," katanya.

Ganjar menyampaikan tentu saja tidak hanya itu, Bank Jateng juga akan mempromosikan literasi keuangan lalu membantu UMKM agar ikut terlibat dalam kegiatan ini, masyarakat setempat ikut terlibat sehingga sporturismnya bisa berjalan dengan baik," katanya.

"Mudah-mudahan nanti akan banyak orang datang ke sini dan saya berharap betul event ini menjadi event masyarakat Borobudur dan sekitarnya. Kelak kemudian hari karena kegiatan yang saya tunggui di akhir masa jabatan saya mudah-mudahan gubernur setelah saya akan melaksanakan terus menerus kegiatan ini sehingga Borobudur Marathon akan semakin naik kelas dan mendunia," katanya.

Dalam rangkaian pre-event Borobudur Marathon membawa Bank Jateng Pawone ke 10 kota melalui Bank Jateng Friendship Run dengan tujuan untuk menginspirasikan dan mempromosikan Magelang. "Jateng Pawone akan mengajak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengoptimalisasikan produk serta mengedukasi pelaku UMKM untuk melakukan literasi keuangan sehingga pengembangan potensi ekonomi dapat terjadi dan berjalan secara optimal," kata Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

Ia menyebutkan tahun ini Bank Jateng Friendship Run akan menyapa Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan, dan Palembang. Panitia Bomar 2023 Budiman Tanuredjo mengatakan, Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan dilaksanakan satu hari dengan beberapa kategori, yaitu marathon, half marathon, dan 10K baik nasional maupun internasional.

Baca juga: London Marathon 2023 jadi terakhir Mo Farah
Baca juga: Pelari Indonesia pembekalan sebelum turun di Tokyo Marathon


Kemudian rangkaian program Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan terdiri atas Bank Jateng Friendship Run 10 Kota, The Tour, Bank Jateng Pawone, dan Race Day. Menurut dia dari segi wisata olahraga, kawasan yang dipilih telah memiliki daya tarik wisata tersendiri, pelari akan mulai berlari dari kawasan Candi Borobudur kemudian mulai berlari melewati desa dan sekolah dengan cheering yang meriah dari warga desa dan siswa-siswi hingga garis finish. ***3***