PUPR NTB minta pemudik waspadai jalur longsor

id Arus Mudik Pemudik NTB Dimintai Waspadai Jalur Longsor ,Arus Mudik NTB

PUPR NTB minta pemudik waspadai jalur longsor

Kepala Dinas PUPR NTB, Ridwan Syah. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nusa Tenggara Barat(NTB) meminta para pengguna kendaraan yang akan mudik ke kampung halaman untuk mewaspadai jalur-jalur rawan terjadinya tanah longsor.

Kepala Dinas PUPR NTB, Ridwan Syah mengatakan sesuai arahan Menteri PUPR melalui Balai Jalan Nasional untuk jalur rawan longsor ini disiapkan tim untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana alam, khususnya tanah longsor. "Untuk jalur-jalur rawan longsor ini kita sudah minta para penggunaan kendaraan untuk lebih berhati-hati dan selalu meningkatkan kewaspadaan," ujarnya di Mataram, Minggu.

Ia menyebutkan ada sejumlah titik rawan longsor yang patut di waspadai para pemudik. Titik rawan longsor itu antara lain jalur Nanga Tumpu antara Kabupaten Dompu dan Sumbawa. Jalur Sekotong di Kabupaten Lombok Barat, Sembalun di Lombok Timur, dan jalur Pusuk antara Lombok Barat dan Lombok Utara. "Untuk jalur rawan longsor ini kami sudah berkoordinasi bersama kabupaten dan balai jalan untuk sama-sama melakukan langkah antisipasi," kata Ridwan Syah.

Menurut Ridwan Syah, di jalur-jalur rawan longsor tersebut disiagakan sejumlah alat berat sehingga ketika terjadi bencana tanah longsor, alat berat bisa langsung digerakkan untuk membersihkan material yang menutupi jalan. "Jadi alat berat ini disiagakan 24 jam," ujarnya.

Baca juga: Bandara Lombok siapkan layanan vaksin COVID-19 menjelang Lebaran
Baca juga: Kemendag dan BPKN imbau KAI tingkatkan pelayanan mudik Lebaran


Sementara terkait kondisi jalan, Ridwan Syah memastikan bahwa infrastruktur jalan yang nantinya dilalui para pemudik sudah siap 100 persen. "Alhamdulillah, sudah siap 100 persen jalan nasional kita mulai dari Lembar, Lombok Barat sampai Sape di Kabupaten Bima," katanya.

Khusus untuk jalan provinsi, lanjut Ridwan Syah pasca-program percepatan jalan juga dalam kondisi baik. Namun demikian, lanjutnya meski infrastruktur jalan nasional maupun provinsi dalam kondisi baik. Kehati-hatian dan tertib dalam berlalu lintas harus tetap di ke depankan oleh para pemudik selama mudik Lebaran ini. "Tapi kalau antisipasi seperti disampaikan kita sudah siap," katanya.