Destinasi wisata di kaki Rinjani ramai pada libur Lebaran

id wisata Gunung Rinjani,Gunung Rinjani,Lombok Timur,Kadispar Lombok Timur

Destinasi wisata di kaki Rinjani ramai pada libur Lebaran

Destinasi wisata di Sembalun atau kaki gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Akhyar)

Selong, Lombok Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat menyatakan, destinasi wisata di wilayah Sembalun atau di kaki Gunung Rinjani ramai pengunjung pada libur Lebaran 2023.

"Alhamdulillah semua lokasi wisata di Lombok Timur ramai dikunjungi mulai dari ujung Selatan, tengah dan Utara," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur, Iswan Rakhmadi di Selong, Jumat.

Ia mengatakan, hasil pantauan di lapangan hampir semua lokasi wisata alam maupun pantai di wilayah Lombok Timur ramai dikunjungi, tidak hanya destinasi wisata di Sembalun yang ramai. Sehingga ini tentunya patut disyukuri bersama dengan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung atau wisatawan.

"Hampir lebih 100 persen peningkatan kunjungan di destinasi wisata di Lombok Timur pada libur Lebaran 2023," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah Lombok Timur tidak menggelar perayaan lebaran ketupat sebagaimana kabupaten lainnya di di wilayah Nusa Tenggara Barat.

"Pemerintah daerah tidak menggelar perayaan lebaran Topat 2023 di Lombok Timur," katanya.

Meskipun pemerintah daerah tidak menggelar lebaran Topat, namun pengelola tempat wisata maupun pemerintah desa tetap melaksanakan kegiatan-kegiatan pesta pantai.

"Hal itu biasa dilakukan setelah lebaran Idul Fitri setiap tahunnya dengan menghadirkan berbagai hiburan yang bisa menarik wisatawan lokal maupun luar datang berkunjung," katanya.

Untuk diketahui, beberapa tempat destinasi wisata di Lombok Timur yakni pendakian Gunung Rinjani, Wisata Alam Sembalun, Pantai Pink, Pantai Surga, Labuhan Haji, Desa Wisata Tete Batu, Air Terjun, Otak Kokok, dan destinasi buatan seperti kolam pemandian.