Tegar menjadi atlet wakili Kodam Siliwangi raih medali SEA Games

id Tegar Januar, serda tegar, karate, sea games

Tegar menjadi atlet wakili Kodam Siliwangi raih medali SEA Games

Muhammad Tegar Januar raih medali perunggu pada cabang olahraga karate di SEA Games Kamboja. (ANTARA/HO-Kodam III/Siliwangi)

Bandung (ANTARA) -
Sersan Dua (Serda) Muhammad Tegar Januar menjadi atlet karate mewakili Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi yang berhasil meraih medali perunggu dalam ajang SEA Games Kamboja 2023.
 
Atlet karate asal Kabupaten Bandung itu berhasil memenangkan medali perunggu pada nomor pertandingan kumite beregu setelah kalah dari Vietnam dengan skor 3-1 pada 6 Mei 2023 di GOR ICOC Kamboja. "Dengan kerjasama tim, kita bisa bawa pulang medali Indonesia walaupun memang tidak sesuai target yaitu medali emas. Ya patut disyukuri juga apa yang kita dapatkan," kata Tegar saat dihubungi di Bandung, Jawa Barat, Rabu.
 
Tegar kini merupakan salah satu prajurit TNI AD yang berdinas di Jasdam III/Siliwangi sejak tahun 2022. Sebelumnya dia berdinas di Batalyon Infanteri 320 Pandeglang sejak tahun 2018.
 
Menurutnya perizinan dari satuannya itu pun menjadi aspek yang mampu membuat karirnya terus meningkat di cabang olahraga karate. Karena, kata dia, satuan tempat dia berdinas selalu mendukung dirinya untuk mengikuti berbagai kompetisi karate.
 
"Sampai saat ini selama saya di tentara, perizinan itu lancar, dan pimpinan maupun senior mendukung saya untuk terus mengembangkan prestasi," kata atlet kelahiran Bandung pada 21 Januari 1999.
 
Dia pun mengaku sudah mengikuti karate sejak duduk di kelas 6 sekolah dasar (SD). Hingga usia ke 24 tahun ini, Tegar pun telah meraih berbagai prestasi baik nasional maupun internasional. "Di kompetisi internal TNI juga saya ikut, Kejuaraan Panglima TNI tahun 2019 terakhir itu saya dapat emas," kata pria yang mengikuti jejak ayahnya sebagai atlet karate sekaligus anggota TNI.
 
Dia menyebut kunci suksesnya itu adalah konsistensi. Karena dengan konsisten berlatih, berdoa, dan bermimpi, menurutnya hasil terbaik pasti akan mengikuti. Sementara itu, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengaku bangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih Serda Tegar pada SEA Game Kamboja walaupun hanya mendapatkan medali perunggu.

Baca juga: Pelari Zohri dkk raih emas nomor estafet 4x100 meter putra
Baca juga: UPDATE perolehan medali SEA Games 2023: Thailand di puncak, Indonesia urutan kelima
 
“Saya bangga personel Kodam III/Slw dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di ajang SEA Game Kamboja dan semoga pada kejuaraan yang akan datang dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi,” kata Kunto.