TNI-Polri siap mengamankan L'etape Indonesia Tour The France 2023

id L'etape Indonesia Tour The France 2023 di Lombok,Tour the France di Lombok,Lombok Tengah,Polres Lombok Tengah

TNI-Polri siap mengamankan L'etape Indonesia Tour The France 2023

Rapat persiapan pengamanan ajang balap sepeda 2023 di aula Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (16/5/2023). ANTARA/Humas Polres Lombok Tengah.

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyatakan aparat gabungan TNI-Polri siap mengamankan penyelenggaraan L'Etape Indonesia Tour The France 2023 yang digelar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk mempersiapkan dan mematangkan pelaksanaan pengamanan ajang bergengsi tersebut," kata Kapolres Lombok Tengah, AKBP Irfan Nurmansyah di Praya, Selasa.

Ia mengatakan jajaran Polres Lombok Tengah sebagai garda terdepan dalam pengamanan kegiatan balap sepeda itu terus melakukan rapat koordinasi pelaksanaan pengamanan, baik dengan lingkup pejabat utama dan Polsek jajaran Polres Lombok Tengah, Kodim 1620/Lombok Tengah maupun stakeholder terkait.

"Kegiatan tersebut bertujuan agar dalam pelaksanaan kegiatan L'Etape Indonesia by Tour de France dapat berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Ia mengatakan, Kabupaten Lombok Tengah menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan ajang balap sepeda tersebut dan kegiatan itu dapat meningkatkan perekonomian, khususnya di wilayah Lombok Tengah.

"Ajang ini bisa mendukung pariwisata di Lombok Tengah semakin maju," katanya.

Ia menjelaskan ajang tersebut merupakan balap sepeda khusus untuk pembalap profesional yang diikuti oleh sekitar 22 negara yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 27 Mei 2023 dari pukul 10.00 - 19.00 Wita dan Minggu 28 Mei 2023 dari pukul 04.30 -17.00 Wita bertempat di Pertamina Mandalika Street Circuit.

Adapun kegiatan tersebut dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas Long Distance 141 kilometer, Short distance 79 kilometer dan Non road bike 48 kilometer yang diikuti oleh peserta sekitar 500 peserta.

"Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari, sehingga ajang ini bisa mendukung peningkatan kunjungan wisatawan di NTB," katanya.